Membangkitkan Kembali Kerajinan Batik di Sogan dan Kulur

KULONPROGO-DINKOPUKM. Peningkatan kualitas produk dan pemasaran dengan kemitraan merupakan salah satu opsi yang harus dilakukan oleh UMKM dalam rangka menghadapi persaingan dan menyambut adanya Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang ada di Kabupaten Kulon Progo, hal ini disampaikan oleh Sri Wahyuniarto kepala bidang permodalan mewakili ibu Kepala Dinas Koperasi UKM Dra. Sri Harmintarti,MM dalam pembukaan Pelatihan Kewirausahaan dan Peningkatan Kemitraan  bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM ) batik pada 17/11/2021 di RM Jolotundo, Sogan, Wates.

Pelatihan diikuti oleh 25 orang peserta dari UMKM perajin batik dari kalurahan sogan wates dan kulur temon, dengan Narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup, Sinar Abadi Batik Lendah dan PT Angkasapura. Tujuan dilaksanakan pelatihan untuk kembali membangkitkan dan mengembangkan usaha kerajinan batik di sogan dan kulur yang memiliki sejarah dalam kerajinan batik serta menyiapkan UMKM perajin batik agar memiliki ketrampilan dalam pembuatan batik untuk peningkatan kualitas produk dan produksi batik yang ramah lingkungan. Selain itu meningkatkan akses kemitraan dengan PT Angkasapura sebagai salah satu upaya mendekatkan akses permodalan untuk peningkatan skala usaha.

Pelatihan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dengan metode penyampaian teori, praktek, diskusi dan tanya jawab secara luring dan sesuai protokol kesehatan. Pasca pelatihan juga akan dilakukan monitoring dan evaluasi hasil pelatihan.