Primkopti Wates Masuk Dalam Lomba Koperasi Berprestasi Tahun 2024

KULONPROGO-DINKOPUKM. Walaupun peringatan Hari Koperasi Ke 77 Tahun 2024 masi di bulan Juli 2024, Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Kulon Progo, yang dipimpin oleh Iffah Mufidati, SH., MM, telah melaksanakan berbagai kegiatan. Yang salah satunya adalah dengan dilaksanakannya Lomba Koperasi Berprestasi. Lomba tersebut dengan menggunakan pola dari tim yang sudah dibentuk, melaksanakan penilaian langsung terhadap koperasi.

Seperti halnya yang dilaksanakan pada Senin (1/4/2024) penilaian Koperasi Berprestasi dilakukan di Primkopti Wates oleh Tim Penilaian Lomba Koperasi Berprestasi. Pada penilaian tersebut dihadiri dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Kulon Progo yakni Devi Yunara, SP dan Suwastri Asih, SE, segenap Pengurus dan Pengawas.

Perlu untuk diketahui bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya penilaian koperasi berprestasi ini adalah, yang pertama mengembangkan sinergi pemberdayaan koperasi serta meningkatkan peran instansi yang bersangkutan serta gerakan koperasi dan masyarakat untuk mengembangkan koperasi. Yang kedua, memberi tahu kinerja organisasi pada sebuah periode sebagai visualisasi kesuksesan upaya mengembangkan koperasi. Dan yang ketiga, memberi dorongan kepada koperasi supaya bisa berfungsi selaku hubungan perekonomian yang bisa menumbuhkan pendapatan masyarakat serta anggotanya.

Pada kesempatan tersebut Devi Yunara, SP menyampaikan bahwa aspek yang menentukan koperasi bisa masuk dalam kategori koperasi berprestasi antara lain; aspek organisasi, aspek tata laksana dan manajemen, aspek produktifitas, aspek manfaat dan dampak, dan aspek pengembangan dan daya saing.

Koperasi yang mendapat gelar koperasi berprestasidan mendapatkan reward, baik secara langsung maupun tidak secara langsung. Reward langsung, seperti mendapatkan sertifikat/piagam penghargaan koperasi berprestasi dan uang pembinaan. Sedangkan reward tidak langsungyang diterima koperasi adalah citra koperasi yang semakin baik dipandang masyarakat terhadap koperasi berprestasi yang akan menjadi daya tarik, sehingga masyarakat tertarik untuk menjadi anggota koperasi, dan menggunakan layanan koperasi.

Perlu untuk diketahui bahwa hasil Lomba Koperasi Berprestasi tersebut nanti akan diumumkan pada puncak acara peringatan Hari Koperasi Ke 77 Tahun 2024.