KURASI SYARAT MUTLAK PRODUK UMKM MASUK KE TOMIRA

KULONPROGO – DINKUKM - Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah yang dipimpin oleh Dra. Sri Harmintarti, MM menggelar kurasi atau seleksi produk UKM yang akan masuk ke Toko Milik Rakyat (ToMiRa). Pelaksanaan Kurasi yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pemberdayaan (H. Muh Ihsan, SH, MM), bersama anggota Tim Kurasi antara lain: Ridwan Dhaniarsa Rahman, SE dan Nurhadi Rahmanto, SE, berlangsung pada Selasa (12/1), di Ruang Rapat Dinas Koperasi UKM.

Pembinaan dan Evaluasi Kurasi terus dilaksanakan oleh Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo dikarenakan banyak permasalahan kualitas produk dan kemasan dari usaha skala UMKM di pasar, sehingga sangat perlu adanya tahapan kurasi dari pihak-pihak terkait terutama dari para pelaku UMKM.

Selain itu, produk lokal yang akan masuk ke ToMiRa juga wajib mempunyai Nomor Registrasi dan Surat Keterangan Lolos Kurasi Masuk ToMiRa dari Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kulon Progo.

Pelaku UMKM yang mengajukan kurasi yaitu Mahermada Paxzi Zen Putra dari UMKM Qailash Food yang beralamat di Ngentakrejo, Lendah Kulon Progo dengan membawa produk unggulan Sambal Kering Kentang, yang pemasarannya sudah lebih di 3 (tiga) kota di pulau Jawa.

Beberapa arahan yang diberikan oleh Tim Kurasi antara lain khususnya untuk produk makanan dan minuman kemasan, meliputi beberapa aspek mulai dari kualitas, dan kemasan (packaging).

Dengan dilaksanakannya kurasi untuk produk UMKM yang akan masuk ke ToMiRa oleh Dinas Koperasi UKM Kulon Progo, akan memberikan batasan yang pasti untuk menjaga kualitas produk UMKM itu sendiri. Semakin banyaknya dan beragamnya produk UMKM yang masuk ke ToMiRa dan semakin diminati oleh konsumen, tentunya akan memberikan dampak positif bagi peningkatan pendapatan Koperasi maupun peningkatan dan kesejahteraan bagi pelaku UMKM di masa pandemi covid 19 ini.