KEMITRAAN YES, WARALABA NO

KULON PROGO-DINKOPUKM-Waralaba (franchise) adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan pihak lain tersebut, dalam rangka penyediaan dan/atau penjualan barang atau jasa. Sedangkan Toko Modern adalah toko dengan sistem pelayanan mandiri, menjual berbagai jenis barang secara eceranyang berbentuk Minimarket, Supermarket, Departement Store, Hypermarket ataupun Grosir yang berbentuk Perkulakan. Kemitraan adalah kerjasama dalam keterkaitan usaha, baik langsung maupun tidak langsung, atas dasar prinsip saling memerlukan, mempercayai, memperkuat, dan menguntungkan yang melibatkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dengan Usaha Besar.

Dalam hal ini Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kulon Progo, yang dipimpin oleh Dra. Sri Harmintarti, MM, memiliki komitmen yang besar dalam pengelolaan kemitraan tersebut, dimana kemitraan tersebut sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM yang produknya dapat dipasarkan melalui ToMiRa, dengan kapasitas minimal 20% dari produk pabrikan. Sedangkan koperasi bisa mendapatkan sharing profit juga mendapatkan ilmu bagaimana cara mengelola toko modern dengan baik.

Pada Rabu (12/1) Dinas Koperasi UKM melaksanakan koordinasi dari pihak PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk., bertempat di Ruang Rapat Dinas Koperasi UKM. Hadir pada kesempatan tersebutdari Dinas Koperasi UKM, Kabid Kelembagaan dan Pengawasan (Drs. Junihardi Tri Sarjono), Kabid Pemberdayaan (Muh Ihsan, SH, MM), Kabid Permodalan (Drs. Sri Wahyuniarto, MA), Kasi Lembaga (Devi Yunara, SP), Kasi Fasilitasi Pengembangan Simpan Pinjam (Ridwan Dhaniarsa Rachman, SE) dan PPKL (Nurhadi Rahmanto, SE). Sedangkan dari PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk., Manager License (Sugiarta) dan Specialis Location (Hervi Nur Faisal).

Seperti yang diketahui bahwa PT. Alfaria Tri Jaya, Tbk., merupakan salah satu pengusaha toko modern yang bermitra dengan koperasi di Kulon Progo dalam membentuk ToMiRa. Dengan adanya kerjasama ini di Kulon Progo adanya adalah kemitraan bukan waralaba lagi. Artinya, apabila ada pengusaha toko modern yang akan membuka usahanya di Kulon Progo harus bermitra dengan koperasi. Kemitraan yes, waralaba no !

Perlu untuk diketahui bahwa dalam rapat tersebut membahas terkait dengan kerjasama kemitraan, selain itu juga meluruskan bahwa kemitraan tersebut bukan waralaba. Dalam rapat tersebut didapatkan kesepakatan bahwa dari PT. Alfaria Trijaya. Tbk., bersedia untuk melakukan beberapa hal, yaitu:

  1. merubah salam sapa dengan salam ToMiRa
  2. menghilangkan tulisan selamat datang
  3. bersepakat untuk mengosongkan struk/billing
  4. menggunakan ID Card tanpa logo Alfamart dengan tali ID card polos
  5. sementara akan menggunakan Tas Plastik kosong/ polos
  6. Alfaria Trijaya, Tbk sanggup untuk memperbesar logo koperasi dan logo pemda pada neon box
  7. Menghilangkan logo Alfamart/promosi tulisan serta label harga Alfamart
  8. Realisasai rak display, PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk bersedia untuk menindaklanjuti karena masih belum sesuai dengan perjanjian sebelumnya.

Diharapkan dengan berbagai perubahan tersebut tetap memberikan keuntungan bersama antara PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk dengan koperasi serta pelaku UMKM yang produknya dipasarkan melalui ToMiRa. Semoga efek dari kerjasama tersebut mampu memberikan kemanfaatan yang lebih besar bagi peningkatan perekonomian dan kesejahteraan untuk anggota koperasi maupun pelaku UMKM di Kabupaten Kulon Progo.