SOP PENTING UNTUK KEBERHASILAN PENGELOLAAN KOPERASI

Standart Operasional Prosedur (SOP) koperasi merupakan penjabaran lebih detail dan teknis dari Standart Operasional Manajemen (SOM). Adapun salah satu tujuan SOP yaitu untuk menjaga konsistensi tingkat penampilan kerja dalam melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan tertentu serta menjamin konsistensi pelayanan pada anggota, baik dari sisi mutu, waktu dan prosedur. Prinsip penyusunan SOP meliputi kemudahan dan kejelasan, efisiensi dan efektifitas, keselarasan, keterukuran dan dinamis.

Terkait dengan hal tersebut telah dilaksanakan Pelatihan penyusunan SOP Perkoperasian bagi Koperasi tambang emas Koperasi Produsen Mineral Logam Mulia, Kokap pada Kamis (17/12). Pada kegiatan tersebut mengundang Dinas Koperasi UKM (yang dipimpin oleh Dra. Sri Harmintarti, MM), sebagai pemateri Pembuatan SOP tersebut. Hadir sebagai pemateri, Devi Yunara, SP (Kasi Lembaga) dan Suwastri Asih, SE (PPKL).

Perlu untuk diketahui bahwa Koperasi produsen ini beranggotakan 20 orang yang semuanya adalah penambang emas di wilayah Kapanewon Kokap yang saat ini masih menambang dengan pola tradisional. Dengan adanya Koperasi ini, diharapkan anggota dapat menambang dengan menggunakan alat dan mendapatkan hasil yang lebih banyak lagi sehingga kesejahteraan penambang dapat meningkat.

Di Kapanewon Kokap terdapat 5 (lima) Koperasi penambang emas skala kecil dan saat ini yang sudah turun ijin tambangnya / IPR (Ijin pertambangan rakyat) baru 1 (satu) Koperasi yaitu Koperasi Produsen Mineral Logam Mulia. Saat ini Koperasi tersebut juga telah mendapatkan hibah dari United Nations Development Programme (UNDP) dan akan didampingi kegiatannya sampai dengan tahun 2023.

Diharapkan melalui pelatihan SOP tersebut bisa memberikan pemahaman yang lebih baik kepada Pengurus, Pengawas dan Anggota Koperasi sesuai dengan kedudukan dan tanggungjawabnya masig-masing.

Semoga dengan lebih baiknya pengelolaan Koperasi pada gilirannya nanti mampu memberikan kemanfaatan yang lebih baik, serta mampu meningkatkan perekonomian maupun kesejahteraan bagi seluruh anggotanya, maupun masyarakat pada umumnya.

.