MONITORING KE UMKM DI LIPPO PLAZA

KULONPROGO-DINKOPUKM. Promosi merupakan hal yang sangat penting bagi pemasaran sebuah produk untuk lebih dikenal oleh konsumen. Promosi bisa menggunakan berbagai media, baik pameran, melalui media cetak, media elektronik maupun melalui online di internet. Terkait dengan hal tersebut pada Selasa (24/11), Tim Monitoring Pemantauan UKM dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kulon Progo (yang dipimpin oleh Dra. Sri Harmintarti, MM), melakukan kunjungan ke UMKM yang mengisi di Pesona Indonesia Expo Anjungan Nusantara dan Kurasi Produk UMKM oleh ACS Group of Garuda Indonesia di DIY yang berlokasi di Lippo Plaza, Yogyakarta.

Adapun pelaksanaan pemantauan dilaksanakan oleh tim dari Bidang Pemberdayaan, yaitu: Muh. Ihsan, SH, MM selaku Kepala Bidang dan jajarannya. Pesona Indonesia Expo sendiri adalah bentuk kegiatan pameran dan budaya yang dikombinasikan dengan lomba serta kegiatan masyarakat lainnya di lokasi terbuka yang boleh diakses oleh siapapun tanpa adanya tiket masuk dengan tetap mengaplikasikan protocol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.  

Pelita Mice selaku penggagas kegiatan ini dengan didukung oleh Aerofood ACS Garuda Indonesia Group dan Lippo Plaza menyelenggarakan Roadshow “Pesona Indonesia Expo” itu dimulai di Yogyakarta.

Selama 1 (satu) bulan pameran ini digelar, mulai pada 3 November dan berakhir hingga 29 November 2020, bertempat di Atrium Utama dan Keseluruhan Lantai 1-3 Lippo Plaza Yogyakarta.

Tujuan dari acara ini adalah agar UMKM dapat menunjukkan diri dan berkreasi lebih dari yang biasanya untuk menapak lebih tinggi, dan bila memungkinkan, dapat mengangkasa bersama maskapai terbaik dan kebanggaan kita yaitu Garuda Indonesia.  

Pemantauan ditemui oleh divisi pameran, Pelita Mice dari Anjungan Nusantara, Lippo Plaza Yogyakarta Rian Serririta.

Sedangkan beberapa waktu yang lalu (8/11) bahwa telah disampaikan bantuan/ donasi untuk membantu biaya operasional kepada ketiga UMKM tersebut sebesar masing-masing Rp.1.000.000,- (Satu juta rupiah) per UKM yang disampaikan oleh  Dinas Koperasi dan UKM KP. Sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membina UKM melakukan sinergitas dengan bekerjasama dengan PT.Bank BPD DIY Cabang Wates  sangat mendukung kegiatan tersebut, terbukti  bahwa telah diupayakan donasi untuk UMKM dalam memperkenalkan produk mereka untuk meraih pangsa pasar yang lebih luas.

Semoga dengan dilaksanakan kegiatan tersebut mampu memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya, sehingga mampu meraih pangsa pasar yang lebih luas. Dengan lebih luasnya pasar yang didapat oleh pelaku UMKM diharapkan mampu memberikan dampak yang positif bagi pendapatan yang diperoleh yang mampu memberikan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan bagi pelaku UMKM itu sendiri. (SB)