GALERRY LESTARI SEBAGAI PUSAT PRODUK UMKM KULON PROGO

 

KULONPROGO-DINKOPUKM. Produk UMKM di Kabupaten Kulon Progo begitu beragam dan memiliki prospek yang besar untuk bisa dipasarkan baik secara lokal, regional, nasional bahkan internasional. Hal tersebut telah terbukti bahwa berbagai produk UMKM Kulon Progo telah mampu menembus pasar dunia, seperti batik, kerajinan serat alam, kerajinan bambu dan lain-lain. Demikian juga produk kuliner juga tidak kalah dengan produk-produk kerajinan, karena juga sudah dikenal oleh konsumen sampai manca negara.

Agar produk UMKM bisa lebih dikenal dan mudah untuk dicari, tentunya membutuhkan tempat informasi, promosi maupun tempat penjualan. Walaupun kini semuanya lebih dimudahkan semuanya melalui media online. Namun media interaksi secara langsung antara konsumen dan produsen tetap masih relevan dan masih dibutuhkan.

Terkait dengan hal tersebut Senin (9/10) bertempat di Rumah Makan Pondok Lestari, Jl. Tentara Pelajar No. 44, Wates telah diresmikan Gallery Lestari Pusat UMKM Kulon Progo, oleh Bupati Kulon Progo (Drs. H. Sutedjo). Hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Kulon Progo beserta istri, Wakil Bupati (Fajar Gegana) beserta istri, Sekretaris Daerah (Ir. RM. Astungkoro, M.Hum), dari Polres Kulon Progo yang dihadiri oleh istri Wakapolres, dari Kodim 0731 Kulon Progo, Kepala Dinas Koperasi UKM (Dra. Sri Harmintarti, MM), Kepala Dinas Kebudayaan (Dra. Niken Probo Laras, S.Sos., M.H), Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Ir. Aspiyah, M.Si), serta OPD lainnya, dan Hj. Ari Dwi Lestari selaku Owner dari Gallery Lestari dan juga Direktur Utama CV. Menara Bintang, serta pelaku UMKM sebagai peserta pameran.

Pada kesemapatan tersebut Dra. Sri Harmintarti, MM menyampaikan laporan kepada Bupati bahwa Gallery Lestari Pusat UMKM Kulon Progo didirikan oleh Hj. Ari Dwi Lestari, S.T., S.Psi selaku owner Gallery Lestari dan Pelaku UMKM peduli pemberdayaan UMKM di Kulon Progo. Gallery Lestari Pusat UMKM Kulon Progo bertujuan untuk memfasilitasi, meningkatkan daya saing, produktifitas serta pemasaran produk-produk lokal UMKM Kulon Progo. Konsep “Gallery Lestari” nantinya akan diisi dengan beberapa produk UMKM Kulon Progo antara lain : Batik Kulon Progo (15 UMKM), Produk Kerajinan Kulon Progo (4 UMKM), Produk makanan lokal Kulon Progo (13 UMKM).

“Setelah launching ini kami berharap “Gallery Lestari”  dapat menjadi penyemangat UMKM dalam mengembangkan kreasi dan inovasi produk karena di  “Gallery Lestari”  ini nantinya produk – produk UMKM tersebut akan dipromosikan dan perkenalkan kepada masyarakat baik secara offline maupun online oleh Tim dari Gallery Lestari berkolaborasi dengan Dinas Koperasi UKM Kulon Progo. Di satu sisi Gallery Lestari diharapkan juga dapat menjadi salah satu alternatif destinasi pusat UMKM untuk tamu-tamu dari luar Kulon Progo baik acara kedinasan, acara informal dan format acara lainnya.” jelas Dra. Sri Harmintarti, MM.

Pada kesempatan itu Hj. Ari Dwi Lestari, S.T., S.Psi menyampaikan bahwa dalam mendirikan Gallery Lestari bukan lagi bertujuan profit, karena latar belakangnya adalah kontraktor, namun merupakan panggilan hati untuk berupaya berpartisipasi membangun dan memajukan Kulon Progo melalui kepeduliannya terhadap UMKM di Kulon Progo yang menarik karena keanekaragamannya.

Drs. H. Sutedjo sangat mengapresiasi atas dibukanya Gallery Lestari sebagai Pusat UMKM Kulon Progo. Karena dengan adanya Gallery Lestari ini kedepan akan memberikan peluang bagi produk UMKM, yang masih dibawah kecil ini, bisa lebih dikenal dan semakin diminati oleh konsumen. “Apabila di Kabupaten Kulon Progo ada sepuluh orang yang seperti Ibu Hj. Ari Dwi Lestari ini, pasti Kulon Progo sudah lebih maju, apabila dibanding saat ini”, kata Drs. H. Sutedjo.

Harapannya keberadaan Gallery Lestari  dapat menjadi penyemangat UMKM dalam mengembangkan kreasi dan inovasi produk, karena di  Gallery Lestari  ini nantinya produk- produk UMKM tersebut akan dipromosikan dan perkenalkan kepada masyarakat oleh Tim dari Gallery Lestari  berkolaborasi dengan Dinas Koperasi UKM Kulon Progo. Gallery Lestari juga dapat menjadi salah satu alternatif destinasi wisata kuliner dan UMKM untuk tamu-tamu dari luar Kulon Progo, baik acara kedinasan dan acara informal lainnya, Drs. H. Sutedjo lebih menandaskan.

“Tak lupa pada kesempatan ini, saya ingin kembali mengingatkan kepada kita semua yang hadir di tempat ini untuk tetap waspada dan jangan abai. Mari terus kita laksanakan protokol kesehatan secara ketat dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid 19”, harapan Drs. H. Sutedjo sebelum mengakhiri sambutannya.

Untuk menandai diresmikannya Gallery Lestari maka Drs. H. Sutedjo memotong tumpeng yang selanjutnya diberikan kepada Hj. Ari Dwi Lestari, S.T., S.Psi.

Setelah selesai seremoni tersebut dilanjutkan fashion show yang dilakukan oleh para Kepala OPD, dan juga Sekda Kulon Progo beserta istri, dengan menggunakan pakaian batik gebleg renteng. Acara tersebut mendapatkan sambutan yang meriah dari hadirin yang menyaksikan, karena lenggak-lenggok yang dilakukan oleh semua peragawan dan peragawati dadakan tersebut, tidak kalah menariknya dengan yang dilakukan oleh perawan-perawati profesional.

Acara dianjutkan dengan peninjauan stand-stand pameran yang menggelar berbagai produk UMKM.

Setelah seluruh stand ditinjau, Bupati didaulat untuk menggunting rangkaian bunga sebagai anda dibukanya Gallery Lestari sebagai Pusat UMKM Kulon Progo.

Semoga dengan dibukanya Gallery Lestari tersebut mampu memberikan peluang yang lebih besar bagi pelaku UMKM untuk memasarkan hasil produksinya. Sehingga kedepan diharapkan mampu memberikan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan bagi pelaku UMKM itu sendiri dan masyarakat Kulon Progo pada umumnya.