Wedang Uwuh Celup, salah satu inovasi UMKM Girimulyo

Inovasi produk mutlak harus dilakukan oleh UMKM agar bisa bersaing di tengah persaingan global saat ini, melihat hal ini Dinas Koperasi UKM Kulon Progo melaksanakan diklat bagi UMKM Wirausaha Pemula fokus pada inovasi produk pembuatan wedang uwuh celup dan manisan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari berakhir pada 19 Oktober yang lalu. Mendasar apa yang disampaikan oleh Bapak Kabid Permodalan selaku penanggung jawab kegiatan Drs. Sri Wahyuniarto, MA yang mewakili Kepala Dinas Koperasi UKM Kulon Progo Dra. Sri Harmintarti, MM, disampaikan bahwa kegiatan ini sebagai satu inovasi dan solusi bagi UMKM yang masih terjebak dalam pandemi covid agar mulai bergeliat kembali, apalagi produk yang dimiliki memiliki potensi yang bagus karena banyak dibutuhkan oleh masyarakat saat ini yaitu rempah-rempah.

Sri Wahyuniarto juga menyampaikan, kegiatan ini diikuti oleh 25 UMKM di wilayah Jatimulyo dan Purwosari Girimulyo yang memiliki bahan baku rempah yang relatif banyak dan masih perlu sentuhan inovasi untuk pengembangan yang lebih luas. Selanjutnya juga disampaikan bahwa selain nanti dapat mengembangkan inovasi produk diharapkan UMKM bisa meningkatkan kemitraan usaha sehingga memperluas jaringan pasar baik online maupun offline. Ditambahkan juga oleh Sri Wahyuniarto bahwa ke depan pemasaran di tempat wisata juga menjadi fokus dari produk ini, sebagai satu oleh-oleh khas dari Produk Kulon Progo.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah dari CV Dewi Makmur Jogja yang memiliki core business dalam pengolahan dan pemasaran aneka rempah, sehingga diharapkan setelah pelatihan UMKM langsung dapat merealisasikan ide dan gagasan mereka.