PENUTUPAN BIMTEK SOP PENGELOLAAN KOPERASI

DINKOPUKM-KULONPROGO. Pelatihan Manajemen Profesional Koperasi masih terus dibutuhkan, karena selama ini pengelolaan manajemen koperasi khususnya bagi koperasi pengelola pasar belum optimal. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya koperasi yang belum mempunyai Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam pengelolaannya.

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kulon Progo yang dipimpin oleh Dra. Sri Harmintarti, MM, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah RI, melaksanakan Pelatihan Manajemen Profesional bagi Koperasi Pengelola Pasar di Kabupaten Kulon Progo.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai Selasa (13/10) sampai dengan Kamis (15/10) yang bertempat di Ruang Rapat Sermo, Gedung Binangun, Komplek Pemda Kulon Progo tersebut diikuti oleh 25 orang peserta yang terdiri dari: Pengurus/Pengawas/Pengelola yang berasal dari 5 (lima) Koperasi Pengelola Pasar, yaitu: KUD Gangsar Sentolo, KUD Rejeki Mulyo Kokap, Koperasi Cikli Mandiri Temon, KUD Giri Kencono Girimulyo, dan KUD Sido Tentrem Kalibawang. Sedangkan 2 (dua) Koperasi Pasar di Kulon Progo, yaitu: KPP Niaga Binangun Wates dan Koppas Mukti Bareng Sentolo.

Pelatihan Manajemen Profesioanal bagi Koperasi Pengelola Pasar ditutup oleh Kepala Seksi Fasilitasi Permodalan (Ridwan Dhaniarsa Rachman, SE) mewakili Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kulon Progo (Dra. Sri Harmintarti, MM).

Dengan pemahaman tersebut diharapkan pelaku koperasi khusunya pengelola pasar bisa membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai dengan materi yang telah diberikan. Sehingga pengelolaan koperasi kedepan bisa lebih baik dan berkembang yang mampu memberikan peningkatan dan kesejahteraan bagi seluruh anggotanya dan masyarakat pada umumnya.