PELATIHAN MANAJEMEN WISATA (DAK NON FISIK) UNTUK MENSINERGIKAN PRODUK LOKAL OLAHAN MIE INSTAN SEHAT

KULONPROGO-DINKOPUKM. Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kulon Progo yang dipimpin oleh Dra. Sri Harmintarti, MM, melaksanakan Pelatihan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Peningkatan Kualitas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PK2UKM) dari Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah RI. Pelatihan Manajemen Wisata Untuk Mensinergikan Produk Lokal Olahan Mie Instan Sehat Kulon Progo, dilaksanakan pada tanggal 12,13 dan 14 Oktober 2020, bertempat di Rumah Makan Dapur Semar Wates Kulon Progo.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dra. Sri Harmintarti, MM selaku Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kulon Progo, Adini Filsafatun, SE, Bangun Putra Prasetya, SE.M.Sc, Tulus Tri Prasetyo, S.Kep, MBA, dan Imam Syafie  selaku narasumber.

Pelatihan DAK Non Fisik PK2UKM, Pelatihan Manajemen Wisata Untuk Mensinergikan Produk Lokal Olahan Mie Instan Sehat Kulon Progo di masa pandemi Covid-19 ini, dalam proses pelatihannya tetap melaksanakan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan seperti wajib menggunakan masker, sebelum memasuki ruangan peserta wajib cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, jaga jarak, dan juga dicek suhu tubuh. Selain itu panitia penyelenggara juga menyediakan hand sanitizer di setiap meja peserta.

Adini Filsafatun, SE menyampaikan kandungan mie instan sehat dan memandu berjalannya praktek pembuatan mie instan sehat. Sedangkan Bangun Putra Prasetya, S.E. M.Sc menyampaikan strategi pengembangan usaha, startegi pemasaran, inovasi produk dalam kemasan dan manajemen usaha. Imam Syafie menyampaikan mekanisme perizinan usaha dan menjalin usaha kemitraan. Untuk narasumber yang lain yaitu Tulus Tri Prasetyo, S.Kep, MBA menyampaikan analisis laba rugi dan strategi persaingan usaha.

Dalam praktek pembuatan mie instan sehat peserta pelatihan membuat mie instan sehat dengan bahan baku sayuran yaitu bayam, daun kelor, wortel, buah bit dan buah naga. Mie sehat ini juga terbuat dari tepung mocaf yang tidak memiliki kandungan gluten. Mocaf sendiri merupakan tepung yang terbuat dari singkong yang sangat aman dikonsumsi dan cocok untuk mereka yang memiliki gaya hidup sehat.

Dra. Sri Harmintarti, MM dalam sambutannya sangat mengapresiasi pelatihan tersebut karena memiliki prospek yang sangat baik. Selain itu juga menyampaikan sangat berterimakasih karena semua narasumber mampu memberikan pelatihan yang sangat sesuai. Diharapkan dengan adanya pelatihan peserta dapat berkomitmen untuk terus melanjutkan usaha dan mengembangkannya.

Semoga dengan Pelatihan Manajemen Wisata Untuk Mensinergikan Produk Lokal Olahan Mie Instan Sehat Kulon Progo, dapat meningkatkan kreatifitas, inovasi, dan bisa membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat, yang pada gilirannya nanti mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan bagi masyarakat luas.