Peningkatan Kinerja Koperasi Simpan Pinjam melalui Bimbingan Tehnis

KULONPROGO-DINKOPUKM. Penilaian Kesehatan Usaha Simpan Pinjam Koperasi, dimaksudkan untuk menguji kegiatan kegiatan Usaha Simpan Pinjam Koperasi, dengan menggunakan indikator dan parameter berupa kriteria penilaian sesuai ketentuan, yang hasilnya bisa menggambarkan kondisi kinerja usaha, keuangan dan manajemen KSP atau USP Koperasi, yang dinyatakan dengan 4 jenis predikat yaitu Sehat, Cukup Sehat, Dalam Pengawasan dan Dalam Pengawasan Khusus.

Sebagai tindak lanjut pembinaan, Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo melaksanakan Bimbingan Teknis Koperasi Simpan Pinjam / Usaha Simpan Pinjam pada hari Senin (12/10) bertempat di Ruang Rapat Sermo, Gedung Binangun, Kompleks Pemkab Kulon Progo.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Permodalan, Drs. Sri Wahyuniarto, MA, menyampaikan pelaksanaan Bimbingan Teknis menggunakan sumber dana yang berasal dari APBD Kabupaten Kulon Progo Tahun Anggaran 2020. Bimbingan Teknis ini diikuti oleh 25 orang Pengurus / Pengelola KSP/USP dengan kriteria: KSP/USP konvensional yang mengalami penurunan nilai dalam penilaian kesehatan dari tahun 2017 ke tahun 2018, serta KSP/USP konvensional dengan kategori kesehatan “cukup sehat”.

Selanjutnya acara dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo, Dra. Sri Harmintarti, MM. Dalam sambutannya, beliau berharap, setelah mengikuti Bimbingan Teknis ini, para peserta bisa memahami tentang penanganan kredit bermasalah pada KSP/USP, serta bisa memahami tentang cara pengisian penilaian kesehatan KSP/USP.

 

Materi Bimbingan Teknis yang diberikan antara lain tentang Penanganan Kredit Bermasalah yang disampaikan oleh Nugraha Herus Prayitna, S.Pd SD (Kopdit Mulia, Kalibawang), serta materi Penilaian Kesehatan KSP/USP yang disampaikan oleh Sutrisno Purwoto, S.IP (Dinas Koperasi UKM Kulon Progo).