IDENTIFIKASI CALON PESERTA PELATIHAN DAK NON FISIK TAHUN 2020

KULONPROGO-DINKUKM. Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kulon Progo yang dipimpin oleh Dra. Sri Harmintarti, MM, melaksanakan Identifikasi Peserta Pelatihan DAK NON FISIK. Pelatihan Manajemen Wisata Untuk Mensinergiskan Produk Lokal Kulon Progo Dalam Memperluas Jaringan Usaha Pada UMKM. Pelatihan ini didanai dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Peningkatan Kualitas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PK2UKM) dari Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai Selasa (29/9) s.d. Kamis (1/10) bertempat di Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan tersebut dihadiri dari Kapanewon Panjatan sebanyak 10 orang, Kapanewon Temon 10 orang, Kapanewon Nanggulan 5 orang, Kapanewon Samigaluh 5 orang, Kapanewon Pengasih 4 dan Kapanewon Girimulyo 5 orang.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Dra. Sri Harmintarti, MM, yang didampingi oleh Tim Identifikasi, baik dari Kabid Pemberdayaan (Muh Ihsan, SH, MM), Kasi Pemberdayaan SDM (Susana Budiarti, S.Sos) maupun dari PPKL maupun Pendamping UMKM. Seluruh peserta dievaluasi dan diberikan kuisioner untuk diisi sesuai dengan kondisi masing-masing peserta. Selanjutnya calon peserta pelatihan diwawancari secara langsung oleh Tim Identifikasi. Hasil dari pengisian kuisioner dan wawancara tersebut yang akan digunakan sebagai dasar untuk menentukan lolos tidaknya calon peserta pelatihan.  Jika lolos akan mendapatkan undangan untuk mengikuti pelatihan yang penyelenggaraannya akan ditentukan oleh Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo.

Diharapkan dengan adanya identifikasi ini calon Peserta Pelatihan yang didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) NON FISIK Tahun 2020 dapat mengikuti pelatihan yang selanjutnya dapat bersungguh-sungguh dalam menerapkan ilmu yang diperoleh dan juga dapat mengembangkan sekaligus memperluas jaringan usahanya.  Yang diharapkan juga kedepan mampu meningkatkan pendapatan dan perekonomian serta meningkakan kesejahteraan bagi pelaku usaha itu sendiri maupun masyarakat Kulon Progo pada umumnya.