Kerjasama dengan UNU Jogja Dinkop UKM Lakukan Pembekalan Kepada 2 Tenaga Pendamping DAK

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kulon Progo bekerjasama dengan Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta melaksanakan pembekalan kepada 2 tenaga pendamping peningkatan kapasitas Koperasi UKM pada 27/2/2019 bertempat di Ruang Rapat Dinas. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan bekal kepada 2 tenaga pendamping baru agar dapat bekerja optimal dan memiliki semangat serta integritas yang tinggi selama bekerja nantinya.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari koordinator pendamping bapak Sri Wahyuniarto mewakili ibu Kepala Dinas Koperasi UKM Dra. Sri Harmintarti, MM, beliau menyampaikan tentang tugas, kewajiban, hak serta larangan bagi pendamping selama bekerja. Beberapa tugas yang nantinya harus dilaksanakan oleh pendamping antara lain : Mengidentifikasi permasalahan calon dan/ atau peserta pelatihan yang akan didampingi, Membuat rencana kerja pelaksanaan pendampingan kepada peserta dan calon peserta pelatihan, Memberikan bimbingan dan konsultasi untuk pengembangan usaha Koperasi dan UMKM, Memberikan advokasi untuk pengembangan usahaKoperasidan UMKM, Mengevaluasi serta melaporkan hasil pelaksanaan tugas secara berkala kepada kepala Perangkat Daerah; dan Membantu dalam menilai rencana usaha/ proposal bagi calon peserta program bantuan wirausaha pemulaatau program lainnya seperti KUR, PKBL, Bantuan Peralatan dan sebagainya.
Selanjutnya juga disampaikan paparan rencana aksi oleh masing-masing pemimpin kegiatan pelatihan yang akan didampingi yaitu pelatihan untuk Koperasi dan Pelatihan untuk UMKM. Sehingga diharapkan pendamping setelah mengetahui rencana aksi tersebut dapat segera menyesuaikan implementasinya. Pemaparan dilakukan oleh bapak Tukijo Kasi Lembaga dan bapak Nur Abdul Rahman Kasi Pengembangan Usaha.
Terakhir pembekalan dilakukan oleh bapak Budi dari UNU Jogja, beliau menyampaikan tentang beberapa hal terkait tanggung jawab serta semangat yang harus dimiliki oleh seorang karyawan, bekerja dengan etika dan integritas, serta kesabaran yang harus dimiliki oleh setiap karyawan.