Apel Salah Satu Wujud Kedisiplinan ASN


Pembangunan nasional yang multi dimensi dalam pelaksanaannya harus melibatkan segenap aparat pemerintahan, baik di tingkat pusat sampai dengan di tingkat daerah serta aparatur tingkat desa. Aparatur tersebut hendaknya memiliki kemampuan yang optimal dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan jabatannya. Dalam memberikan pelayanan yang baikkepada masyarakat, diperlukan aparat pemerintah yang memiliki integritas tinggi untuk bekerja dengan penuh kesadaran sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat. Salah satu abdi masyarakat adalah Pegawai Negeri Sipil atau kini disebut Aparatur Sipil Negara.
Seperti diketahui bersama bahwa berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS bahwa dalam rangka mewujudkan PNS yang handal, profesional, dan bermoral sebagai penyelenggara pemerintahan yang menerapkan prinsip-prinsip kepemerintahan yang baik (good governance). Kelancaran penyelenggaraan tugas-tugas pembangunan selain tergantung pada partisipasi masyarakat, tergantung pula pada disiplin PNS.Kelancaran penyelenggaraan tugas-tugas pembangunan selain tergantung pada partisipasi masyarakat, tergantung pula pada disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam rangka mencapai tujuan pembangunan nasional diperlukan Pegawai Negeri Sipil yang bertugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat yang harus menyelenggarakan pelayanan secara adil dan merata kepada masyarakat dengan dilandasi kesetiaan dan ketaatan kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta berbagai peraturan perundangan yang berlaku.Sebagai Pegawai Negeri Sipil, di samping adanya hak-hak tertentu yang melekat pada jabatannya, dalam menjalankan tugasnya juga terikat oleh ketentuan disiplin yang di dalamnya memuat berbagai kewajiban, larangan, dan sanksi atau hukuman manakala yang bersangkutan melakukan pelanggaran. Semua itu merupakan bagian dari upaya pembinaan Pegawai Negeri Sipil agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.
Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS menjadi landasan untuk mengatur penyusunan aparatur negara yang baik dan benar. Landasan hukum yang terus di sesuaikan dengan situasi dan kondisi PNS pada masa sekarang ini merupakan dasar untuk melaksanakan tugas dan kewajiban mereka serta hal-hal lain yang berhubungan di dalamnya. Terkait dengan Aparatur Sipil Negara sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, maka salah satu faktor yang dinilai penting adalah mewujudkan aparatur negara yang bersih dan berwibawa adalah masalah kedisiplinan para Pegawai Negeri Sipil dalam menjalankan tugas dan kewajiban pemerintahan sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Disiplin yang baik mencerminkan besarnya rasa tanggung jawab seseorang terhadap tugas-tugasnya.
Dalam rangka mewujudkan kedisiplinan PNS atau ASN di Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Kulon Progo pada hari Senin sampai dengan Kamis dilaksanakan apel pagi dan juga apel sore. Pelaksanaan apel ini merupakan sarana untuk melatih kedisiplinan mengenai waktu serta tanggung jawab. Rutinitas pagi dilaksanakan sebelum memulai kegiatan, apel pagi dimulai pukul 07.30 WIB, dan apel sore dimulai pukul 15.30 WIB.
Apel dapat digunakan sebagai media untuk melakukan koordinasi dari pimpinan kepada bawahan, baik dalam bentuk arahan, pengumuman, maupun himbauan secara langsung. Selain itu, apel juga penting untuk membangun hubungan emosional antara yang memimpin dengan yang dipimpin.Hal ini tentunya sangat penting dilakukan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Kulon Progo yang semakin kritis dan terbuka.
Perlu kitadiketahui juga bahwa dalam pelaksanaan apel pagi di Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Kulon Progo senantiasa dibacakan Etos Kerja Profesional yang antera lain: Kerja adalah Rahmat, Kerja adalah Amanah, Kerja adalah Panggilan, Kerja adalah Aktualisasi, Kerja adalah Ibadah, Kerja adalah Seni, Kerja adalah Kehormatan, Kerja adalah Pelayanan, dan 5 AS, yaitu Kerja Ikhlas, Kerja Cerdas, Kerja Keras, Kerja Tuntas, dan Kerja Berkualitas.
Semoga dengan dilaksanakan apel pada Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Kulon Progo bisa menjadi daya ungkit semangat bagi semua ASN, PPKL (Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan), maupun TenagaKontrakdalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai abdi dan pelayan masyarakat.