Peningkatan Daya Saing Produk Melalui Pendaftaran HKI

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kulon Progo melaksanakan sosialisasi HKI bagi 25 UMKM bertempat di Aula Dinas Koperasi dan UMKM Pengasih Kulon Progo pada 24 April 2018. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan daya saing produk UMKM melalui pendaftaran HKI. Dalam kegiatan ini Dinas Koperasi dan UMKM bekerjasama dengan Pusat HKI UII yang merupakan salah satu konsultan HKI di wilayah DIY dan sudah lama melakukan pendampingan terhadap pendaftaran HKI bagi UMKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Dra. Sri Harmintarti, MM dalam kesempatan ini menyampaikan ucapan terima kasih baik untuk Pusat HKI UII dan UMKM yang telah hadir dalam kegiatan tersebut dan selanjutnya menyampaikan tentang kebijakan pemerintah terkait pengembangan UMKM yang salah satunya adalah peningkatan kualitas kelembagaan UMKM melalui HKI.
Selain itu beliau juga menyampaikan Sosialisasi ini memiliki manfaat bagi penguatan UKM yaitu: Pertama, mendorong UKM menghasilkan produk dan proses yang sifatnya kreatif dan inovatif; Kedua, untuk meningkatkan income generate UKM dalam melakukan kegiatan usahanya; Ketiga, untuk keberlanjutan UKM sendiri dalam mengembangkan kegiatan usahanya.

Sedangkan Ibu Sri Wartini dari Pusat HKI UII memberikan materi tentang tahap dan proses pendaftaran HKI bagi UMKM dan syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mendapatkan HKI. Selain itu juga disampaikan terkait perubahan Undang-undang merek Indonesia dari UU No. 15 Tahun 2001 tentang merek menjadi UU No. 20 Tahun 2016 tentang merek dan Indikasi geografis. Admin