Bupati Resmikan Rumah Tempe Higienis di Giripeni dan Bendungan

Bapak Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp. OG (K) pada hari Kamis, 21 Januari 2016 meresmikan Rumah Tempe Higienis di 2 lokasi yaitu Omah Tempe Giripeni (Suhardi), Dobangsan Giripeni dan Rumah Tempe KINI, A (Arif) Kuncen, Bendungan. Rumah tempe ini merupakan wujud sinergitas antara SKPD terkait di Lingkup Pemerintah Kabupaten Kulon Progo yaitu antara lain DInas Koperasi dan UMKM, RSUD, Dinas Pertanian dll.


Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Dra. Sri Harmintarti, MM embrio dari terealisasinya Rumah tempe ini adalah diawali oleh Dinas koperasi dan UMKM Kabupaten Kulon Progo yang memfasilitasi usulan Bantuan Sosial Peralatan Pengolahan Tempe Higienis oleh Koperasi Tahu Tempe (KOPTI) Kulon Progo kepada Kementerian Koperasi dan UKM RI di Jakarta dalam rangka meingkatkan teknologi pengolahan tempe dari tradisional ke pengolahan yang lebih higienis. Kementerian Koperasi dan UKM RI akhirnya menyetujui usulan tersebut dengan realisasi bantuan peralatan sebesar Rp. 150.000.000,- untuk 3 unit alat pengolahan dan pemanfaatannya pun telah di monitoring oleh Kementerian Koperasi dan UKM secara langsung. Selanjutnya untuk optimalisasi pengolahan dan pemasaran serta produksi maka Dinas Koperasi dan UMKM memfasiltiasi Koperasi untuk bekerjasama dengan berbagai pihak antara lain dengan RSUD Wates dan perjanjian kerjasama sekaligus ditandatangani kedua belah pihak pada saat peresmian rumah tempe oleh Bupati.

 

Bupati Kulon Progo Bapak Hasto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada berbagai pihak yang telah bekerja secara optimal sehingga rumah tempe dapat terealisasi. Bupati berharap keberlanjutan pemanfaatan peralatan dan pengolahan produksi dapat dilaksanakan lebih baik, yang akhirnya akan berdampak terhadap ekonomi masyarakat secara langsung yaitu semakin dikenalnya produksi tempe kulon progo yang memiliki efek tingginya permintaan oleh konsumen sehingga secara otomatis pendapatan masyarakat meningkat.