Dasa Wisma Matahari Depok, Sukoreno, Sentolo Meminta Pelatihan Kerajinan

KULONPROGO-DINKOPUKM. Perekonomian sudah terlihat menggeliat, walaupun pemerintah belum merubah status pandemi covid 19 sampai saat ini. Namun gerak pelaku UMKM sudah sangat terlihat, saat ini perekonomian telah normal kembali, pasar tradisional, pasar modern dan semua tempat aktivitas sudah beraktivitas seperti dulu sebelum ada pandemi. Walaupun memang di tempat-tempat tertentu masyarakat harus masih menggunakan masker untuk menjaga penularan virus covid yang masih ada sampai saat ini.

Geliat perekonomian yang semakin baik, mendorong Ibu-ibu yang tergabung dalam Dasa Wisma Matahari, di Pedukuhan Depok, Kalurahan Sukoreno, Kapanewon Sentolo, yang diketuai oleh Samini, melalui perwakilan datang ke Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo pada Selasa (27/9/2022). Kedatangan tiga orang Pengurus Dasa Wisma Matahari tersebut, Kasmilah (Sekretaris), Ulfa Dinda Sari (Bendahara) dan seorang anggota, ditemui oleh Eni Hidayati, SP (Kepala Sub Koordinator Substansi Pemberdayaan Usaha pada Bidang Pemberdayaan).

Kedatangan Dasa Wisma Matahari tersebut meminta untuk diberikan pembinaan/pelatihan pembuatan manik-manik, asesoris, maupun kerajinan yang lainnya. Dijelaskan mengapa Dasa Wisma Matahari meminta pelatihan tersebut, karena selama ini Dasa Wisma yang beranggotakan 22 orang tersebut, baru memiliki kegiatan arisan, menjual kebutuhan pokok, dan juga pelayanan kredit peralatan rumah tangga yang melayani anggota maupun masyarakat sekitar.

Menanggapi kedatangan dan permintaan tersebut, Eni Hidayati, SP mengapresiasi dan menerima dengan baik. Hal tersebut akan dilayani sesuai dengan program kegiatan yang ada, dan akan dilaksanakan pelatihan untuk Dasa Wisma Matahari yang tentunya dengan memperhatikan anggaran yang ada di Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo. Mengingat saat ini sudah akan memasuki semester ke empat di tahun anggaran 2022.

Dengan dibinanya kelompok-kelompok masyarakat diharapkan geliat perekonomian semakin kuat, yang kedepan diharapkan mampu memberikan kemanfaatan yang lebih besar bagi peningkatan perekonomian dan kesejahteraan bagi pelaku UMKM maupun masyarakat pada umumnya.