Pelatihan Strategis Pengembangan Usaha Berbasis Kemitraan Bagi UMKM Sentolo dan Panjatan

KULONPROGO-DINKOPUKM. Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kulon Progo yang di Pimpin Iffah Mufidati, SH, MM, beserta jajaran dari Bidang Pemberdayaan Usaha, menyelenggarakan Pelatihan Strategi Pengembangan Usaha Berbasis Kemitraan Untuk UMKM Kapanewon Sentolo dan Kapanewon Panjatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pa Rabu dan Kamis (21 dan 22/9/2022) bertempat di Rumah Makan Dapur Semar.

Pelatihan yang didanai dengan Dana Alokasi Khusus Non Fisik Tahun Anggaran 2022 diikuti sebanyak 27 peserta yang terbagi dua Kapanewon yaitu Kapanewon Sentolo dan Kapanewon Panjatan.

Didalam pelatihan ini dihadirkan dua praktisi yang juga menjadi narasumber dalam pelatihan Strategi Pengembangan Usaha Berbasis Kemitraan Untuk UMKM Kapanewon Sentolo dan Kapanewon Panjatan yang berasal dari PT. Anugerah Atsiri Indonesiah. Dalam hal ini Budi Handoyo Kusuma, sebagai nara sumber, menyampaikan terkait Mekanisasi kelebihan operasional inovasi alat penyulingan sereh wangi, analisis usaha sereh wangi di tingkat rumah produksi, analisis usaha sereh wangi di tingkat produksi, pemanfaatan sisa limbah dari hasil penyulingan sereh wangi dan hambatan juga kendala usaha sereh wangi.

Sedangkan Fury Yoga Pradana, S.Si menyampaikan terkait analisis usaha tani sereh wangi ditingkat petani, peluang potensi usaha sereh wangi, kualitas bibit sereh wangi sesuai standar kemitraan dan juga manajemen usaha sereh wangi.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini peserta memperoleh ilmu yang bermanfaat dan ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk dijadikan peluang usaha sehingga mampu meningkatkan perekonomian.