BRIN Mengunjungi Usaha Minyak Atsiri di Plono Barat, Pagerharjo, Samigaluh

KULONPROGO-DINKOPUKM. Bandan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Kulon Progo melakukan kunjungan bersama di salah satu lokasi penyulingan minyak atsiri yang ada di Kapanewon Samigaluh, yang berlokasi di rumah produksi Susilo, yang saat ini sudah berproduksi lebih dari 30 tahun lamanya. Kunjungan tersebut pada Jumat (9/9/2022) yang juga dihadiri oleh BPP Samigaluh, juga Dukuh Plono Barat, Pagerharjo, Samigaluh.

(BRIN) adalah lembaga pemerintah non kementerian yang membidangi urusan pemerintahan dibidang riset dan teknologi. Salah satunya dalam bidang minyak atsiri dan turunanya. Dalam kunjungan ini disampaikan beberapa hal yang harus ditambahkan dan diperbaiki, seperti alat pemanas atau pemasak bisa dilapisi kain goni sebagai isolator. Selain itu hasil minyak atsiri memiliki hasil turunan lain seperti bisa dibuat sabun, minyak aromaterapi, hand sanitizer dan masih banyak lagi.

Disampaikan juga hambatan selama produksi, salah satunya limbah dari minyak atsiri yang saat ini masih belum maksimal dalam pengolahannya. Dari penyampaian hambatan tersebut pihak BRIN menangkap peluang bahwa limbah produk tersebut bisa digunakan sebagai pupuk organic dengan teknik yang dimiliki oleh BRIN. Limbah tersebut dapat bermanfaat dan memiliki nilai jual. Dan diharapkan bisa memberikan tambahan pendapatan bagi pelaku usaha minyak atsiri, sehingga juga berkontribusi bagi kesejahteraan.

Diharapkan dengan adanya kunjungan ini akan tetap berlanjut untuk kemajuan usaha minyak atsiri yang berada di Pedukuhan Plono Barat, Pagerharjo, Samigaluh, memiliki dampak positif bagi masyarakat sekitar dan memiliki produk olahan minyak atsiri yang berkualitas juga memiliki nilai jual.