Pendataan Koperasi dan UMKM Oleh Enumerator Belum Maksimal

KULONPROGO-DINKOPUKM. Pendataan Koperasi dan UMKM di Kabupaten Kulon Progo yang dilakukan oleh Enumerator sudah berjalan dari bulan Mei 2022. Namun pendataan tersebut belum bisa maksimal, hal ini terlihat dari target 49.000 baru tercapai 10.991

Hal tersebut terjadi karena berbagai kendala yang dialami oleh Enumerator, yang antara lain: letak geografis yang memang cukup berat, karena sebagaian wialayah Kulon Progo di sebelah utara adalah perbukitan. Belum juga terkendala adanya signal yang kurang kuat sehingga untuk mengupload hasil input data tidak bisa cepat, dan bahkan ada yang sangat lemah. Selain itu juga adanya kendala yang dijumpai oleh Enumerator ketika mendata, dari responden kurang responsif, sehingga menjadi kendala tersendiri. Dan bahkan ada responden yang tidak mau didata dengan berbagai alasan. Sehingga Enumerator tidak mendata.

Untuk melakukan konsultasi dan penandatanganan SPJ pada Senin (5/9/2022) bertempat di Aula Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo. Selain berbagai kendala yang dihadapi oleh Enumerator disampaikan kepada Pokja maupun Koordinator, Enumerator juga melakukan penandatanganan SPJ.

Dilayani oleh semua Koordinator, semua Enumerator telah dilayani untuk menyelesaikan administrasi, sehingga hak yang berupa honor dari Enumerator segera bisa diterima melalui rekening masing-masing.

Perlu untuk diketahui bahwa pendataan Koperasi dan UMKM ini ditarget sampai dengan bulan Oktober 2022.  Sehingga waktu yang hanya tinggal dua bulan kurang ini harus bisa dimaksimalkan oleh semua Enumerator. Bagi wilayah Kalurahan yang masih banyak yang belum didata, dan disisi lain ada Kalurahan yang sudah terdata semuanya, maka Enumeratornya bisa membantu Enumerator Kalurahan lain, dengan harapan agar seluruh Koperasi dan UMKM di Kabupaten Kulon Progo bisa terdata semuanya.