Expo Sebagai Media Edukasi, Promosi dan Transaksi Produk UMKM

KULONPROGO-DINKOPUKM. Expo atau lebih dikenal dengan kata pameran, merupakan media yang baik bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Karena melalui Expo ini bisa dijadikan sebagai media edukasi, promosi dan transaksi bagi masyarakat maupun pelaku UMKM.

Pelaku UMKM sebagai peserta Expo seharusnya mampu menata stand dengan branding tempat menggelar produknya dengan sebaik-baiknya sehingga mampu menarik pengunjung untuk mendekat, melihat, yang akhirnya diharapkan bisa melakukan pembelian. Expo tentunya juga menjadi sebuah kesempatan yang baik dan strategis untuk mempromosikan semua hasil produk dari pelaku UMKM. Sehingga pengunjung akan mampu melihat dan mengamati secara leluasa produk UMKM yang digelar pada setiap stand. Diharapkan juga dalam Expo terjadi transaksi yang cukup baik dan memberikan pendapatan yang sesuai harapan pelaku UMKM.

Terkait dengan hal tersebut pada Minggu (31/7/2022) dilaksanakan acara Pembukaan Salamrejo Expo Tahun 2022 dalam rangka memperingati Hari Jadi Kalurahan Salamrejo Ke 89. Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Drs. Eka Pranyata), Dinas Koperasi UKM yang diwakili oleh Sutrisno Purwoto, Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan (Kunda Kabudayan), Kapanewon beserta unsur Forkompinka Sentolo, beserta seluruh Pamong Kalurahan Salamrejo.

Pada pembukaan Salamrejo Expo tersebut Drs. Eka Pranyata menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut, sehingga pelaku UMKM Kalurahan Salamrejo memperoleh media untuk mempromosikan dan menjual produknya. Selain daripada itu Drs. Eka Pranyata menyampaikan bahwa melalui Salamrejo Expo diharapkan mampu mengimplementasikan gerakan yang selalui digelorakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo yakni Bela Beli Kulon Progo, yang sudah dicanangkan semenjak tahun 2013.

Bagaimana melakukan gerakan Bela Beli Kulon Progo tersebut….? yakni dengan membeli hasil produk UMKM setempat atau Kulon Progo dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Sehingga pelaku UMKM bisa mendapatkan keuntungan dan bisa melanjutkan usahanya, dan bahkan bisa menyejahterakan keluarganya.

Setelah selesai menyampaikan sambutannya Drs. Eka Pranyata membuka secara resmi Salamrejo Expo Tahun 2022. Selanjutnya dilakukan peninjauan ke stand pelaku UMKM yang berjumlah 65. Diharapkan produk UMKM bukan hanya dijual melalui Expo atau media pameran lainnya, namun tentunya kedepan harus mampu dijual di pasar modern, baik melalui konvensional maupun online, termasuk melalui akun Si Bakul DIY.

Apabila hal tersebut bisa dilakukan, tentunya produk UMKM tersebut bisa naik kelas. Untuk menuju ke tahapan tersebut sebuah produk dari UMKM harus dikurasi terlebih dahulu oleh Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo. Dengan dilakukannya kurasi produk UMKM bisa lebih berkualitas, kemasannya juga memenuhi standart yang ditentukan, selain juga harus ada informasi kadalu warsanya, barkot, PIRT, maupun sertifikasi halal.

Perlu untuk diketahui bahwa para peserta dari UMKM menggelar produknya dari yang berupa kerajinan, makanan olahan, minuman dan masalakan kuliner lainnya, seperti gudeg, masakan bakmi, bakso dan lain-lain. Salamrejo Expo Tahun 2022 juga didukung dengan hadirnya arena permainan anak-anak sehingga lokasi Expo terlihat semarak.

Kegiatan tersebut lebih meriah lagi, karena setiap harinya di arena Expo tersebut juga digelar berbagai pertunjukkan kesenian di panggung kesenian dari group-group seni setempat.

Diharapkan gelaran Salamrejo Expo yang dimulai Minggu (31/7/2022) sampai dengan Sabtu (6/8/2022) mampu memberikan kesempatan bagi UMKM untuk mepromosikan dan menjual produknya, juga bisa menjadikan media hiburan bagi masyarakat luas.