Puncak Peringatan Harkop Ke 75 Tahun 2022 Di Mlarangan Meriah

KULON PROGO-DINKOPUKM. Sebuah kolaborasi yang terjalin secara apik antara Dinas Koperasi UKM, yang dipimpin oleh Iffah Mufidati, SH. MM, dengan Dinas Pariwisata, yang dipimpin oleh Joko Mursito, S.Sn, MA, dengan kegiatan Sambanggo (Sambang Kulon Progo). Kolaborasi tersebut terasa sangatlah klop dan saling melengkapi. Kolaborasi tersebut terlihat nyata dalam pelaksanaan puncak peringatan Hari Koperasi Ke 75 Tahun 2022, yang diselenggarakan di obyek wisata rintisan pantai Mlarangan Asri Pleret, Panjatan.

Hamparan pasir, sejuknya semilir sang bayu, sang surya yang malu-malu menyinari ombak yang berdebur berkejaran menuju pantai nan asri. Merekalah menjadi saksi pelaksanaan kegiatan puncak peringatan Hari Koperasi Ke 75 Tahun 2022 pada Rabu (27/7/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Pejabat dan pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, seperti: Ketua DPRD, Komandan Kodim 0731 Kulon Progo, Ka. Polres Kulon Progo, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Komandan Sat Radar 215 Congot, Komandan Batalyon Pelopor Sat. Brimob, Kepala Kantor Kementerian Agama, Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo, Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY, Kepala Dinas Koperasi UKM DIY, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Kulon Progo, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kulon Progo, Kepala Dinas Koperasi UKM, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo dan segenap OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Hadir juga Panewu Panjatan, Ka. Polsek Panjatan, Dan Ramil Panjatan, Lurah Pleret, Dukuh I Pleret, Ketua Ikatan Notaris Indonesia Kulon Progo, Pimpinan BPD DIY Cabang Wates, Pimpinan Perumda BPR Bank Kulon Progo, Pimpinan BRI Cabang Wates II, Pimpinan BNI Cabang Wates, Pimpinan BTN Cabang Wates, Pimpinan Cabang PT. Pegadaian (Persero) Cabang Wates, Direktur PDAM, Direktur Selo Adikarto (SAK), Direktur Aneka Usaha, Pimpinan PT. Sumber Alfaria Trijata Tbk, Pimpinan PT. Indomarco Prismatama Tbk, Kelompok Sadar Wisata Kapanewon Panjatan, Gerakan Koperasi, dan juga pemenang Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian Tingkat SMP. Kegiatan tersebut juga diramaikan oleh bazar UMKM dan juga UMKM yang memang sudah lama membuka usaha di pantari Mlarangan Asri.

Kegiatan tersebut dikemas dengan acara sarasehan, yang didahului dengan tampilnya penari dari Sanggar Padmo Kinanthi yang menyuguhkan tarian Kenya Samodra, yang diperagakan oleh lima orang gadis penari.

Acara sarasehan dengan nara sumber: Penjabat Bupati (Drs. Tri Saktiyana, M.Si), Ketua DPRD (Akhid Nuryati, SE), Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY (Aris Eko Nugroho, SP. M.Si), Kepala Koperasi UKM DIY (Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A), Kepala Dinas Pariwisata DIY (Singgih Raharjo, SH. M.Ed), dan Ketua BMT Surya Parama Arta Sentolo (Drs. H. Kasdiyono). Tema yang diangkat sesuai dengan tema Hari Koperasi Ke 75 Tahun 2022, yakni “Transformasi Koperasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan”, dan tagline “Ayo Berkoperasi”. Acara tersebut dengan moderator Den Baguse Ngarso dan Rio Srundeng. Dan kegiatan tersebut disiarkan secara Live Streaming oleh Dinas Kominfo melalui kanal You Tube TV Kulon Progo.

Dalam sarasehan tersebut disampaikan oleh Drs. Tri Saktiyana, M.Si bahwa dalam berkoperasi agar bisa lebih maju dan berkembang agar dilakukan kolaborasi, kerjasama, gotong royong untuk negeri yang lebih baik. Sedangkan Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A menyampaikan beberapa kelemahan produk UMKM di Kulon Progo, antara lain Kemasan yang belum sesuai standart, Legalitas produk, dan Branding pemasaran yang masih perlu diperhatikan. Selain itu dari Drs. H. Kasdiyono menyampaikan hal yang cukup penting dengan kondisi perkoperasian saat ini, khususnya di Kabupaten Kulon Progo, agar ada perlindungan untuk Koperasi Simpan Pinjam, dan Koperasi Simpan Pinjam Pola Syariah dari derasnya serangan bank plecit yang semakin marak di Kabupaten Kulon Progo.

Sedangkan nara sumber lainnya selain menyoroti masalah koperasi juga menyampaikan perkembangan destinasi pantai Mlarangan Asri, apabila dikelola dengan baik, kedepan tentunya akan memberikan harapan yang lebih baik bagi peningkatan perekonomian, baik bagi UMKM yang berdagang, maupun Kelompok Sadar Wisata Kapanewon Panjatan, bisa memperoleh pendapatan yang lebih besar.

Setelah acara Sarasehan dilanjutkan dengan penyerahan Penghargaan Koperasi Berprestasi Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2022 dengan kategori Koperasi Produsen, Koperasi Pemasaran, Koperasi Jasa, dan Koperasi Simpan Pinjam. Dan dilanjutkan penyerahan Hadiah Pemenang Lomba Tangkas Terampil Tingkat SMP/sederajat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2022.

Kegiatan tersebut meriah dan mendapatkan apresiasi dari seluruh pengunjung, semoga peringatan Hari Koperasi Ke 75 Tahun 2022 mampu memberikan dampak yang lebih positif bagi perkembangan perkoperasian dan UMKM di Kabupaten Kulon Progo.