Sosialisasi SiBakul Jogja

KULONPROGO-DINKOPUKM. Sejalan dengan peningkatan pemasaran online, UMKM Kulon Progo didorong untuk melakukan pemasaran melalui media digital, salah satunya dengan memanfaatkan program pemerintah. Guna mendukung dan memfasilitasi pemasaran online, Dinas Koperasi UKM Kulon Progo melakukan Pelatihan Peningkatan Pemasaran Online dan sosialisasi SiBakul Jogja agar lebih dikenal masyarakat Kulon Progo sehingga dapat memanfaatkan program tersebut.

Pada Selasa (19/7/2022), Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo, bekerja sama dengan Dinas Koperasi UKM DIY melakukan sosialisasi bagi UMKM untuk lebih memahami SiBakul Jogja. SiBakul Jogja merupakan bentuk digitalisasi model Pembinaan Sirkular DISKOP UKM DIY bagi pelaku Koperasi dan UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta. Transformasi Digital meliputi kegiatan Pendataan dan Klastering, Penumbuhan Koperasi dan UKM, Pelatihan, Pembinaan, Fasilitasi, Konsultasi dan Pendampingan.[1]

Sosialisasi menghadirkan dua narasumber dari PLUT DIY, yaitu Wahyu Tri Atmojo, S.Pd dan Rosalia Kurnia Handari (Konsultan Produksi Packaging PLUT DIY). Wahyu Tri Atmojo, S.Pd menyampaikan tentang pengenalan dan pendaftaran SiBakul Jogja. Syarat untuk mendaftar SiBakul adalah alamat usaha di wilayah DIY, mendaftarkan diri sebagai mitra SiBakul Jogja dan memberikan informasi yang jujur, berkomitmen untuk menjadi UKM yang unggul yang mampu berkontribusi untuk pembangunan daerah dan bermanfaat untuk warga masyarakat DIY. Untuk mendaftar SiBakul hanya perlu adanya KTP saja. Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Rosalia Kurnia Handari menyampaiakan tentang kurasi online melalui SiBakul Jogja, jadi nantinya setelah mendaftar SiBakul, maka pendaftar dapat mengikuti kurasi dengan mengupload foto dan mengisi data produk. Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan konsultasi seputar pendaftaran dan kurasi SiBakul Jogja. Program SiBakul Jogja juga mendukung untuk kurasi bandara secara online yaitu melalui MarketHub SiBakul. UMKM dapat mengupload legalitas usaha dan foto produk dan menunggu untuk dikurasi secara online, jika lolos verifikasi MarketHub maka UMKM akan diundang kurasi secara offline oleh Dinas Koperasi UKM DIY.

 

[1] “SiBakul Jogja”, https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id (diakses pada 19 Juli 2022: 15.00)