PERMUDAH PELAPORAN KEUANGAN TRIWULAN KOPERASI MELALUI APLIKASI GOOGLE FORM  

KULONPROGO-DINKOPUKM. Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kulon Progo melalui Bidang Permodalan melakukan kegiatan Bimbingan Teknis KSP/USP Angkatan II Tahun 2022, bertempat di di Ruang Rapat Sermo, Gedung Binangun, Kompleks Pemkab Kulon Progo pada hari Kamis 14 Juli 2022 dengan peserta pelatihan sejumlah 25 orang Pengurus / Pengelola KSP/USP dengan kriteria :

- KSP/USP yang belum yang belum memiliki Izin Usaha Simpan Pinjam OSS Berbasis Risiko

- KSP/USP yang belum menyampaikan Laporan Triwulan KSP/USP melalui Google Form

 

Kegiatan Bimbingan Teknis KSP USP Angkatan II Tahun 2022 secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kulon Progo (Iffah Mufidati, SH, MM). Selain membuka acara, Iffah Mufidati, SH, MM juga memberikan sambutan terkait legalitas usaha simpan pinjam koperasi, Kementerian koperasi dan UKM telah menerbitkan Keputusan Menteri Koperasi dan UKM No.49 Tahun 2021 tentang Perizinan Berusaha Berbasis Risiko OSS Sektor Koperasi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemudahan pelayanan perizinan berusaha simpan pinjam sektor koperasi yang dilaksanakan melalui sistem OSS Berbasis Risiko.

 

Beliau juga menyampaikan bahwa berdasarkan Keputusan Menteri Koperasi dan UKM RI Nomor 49 Tahun 2021 tentang Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Usaha Simpan Pinjam Sektor Koperasi bahwa saat ini Izin Usaha Simpan Pinjam, dilaksanakan melalui Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko dengan mengakses website www.oss.go.id. Sebelum koperasi dapat mengakses OSS Berbasis Risiko, koperasi terlebih dahulu harus melakukan update data Online Data System (ODS) melalui Dinas Koperasi UKM Kulon Progo. Hal ini mengingat OSS Berbasis Risiko mengambil database koperasi dari ODS.

 

Selanjutnya, Berdasarkan Surat Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Nomor : B-533/KUKM/Dep.1/XII/2021 tanggal 24 Desember 2021 tentang Penertiban Koperasi, disebutkan bahwa Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM di Provinsi dan Kabupaten/Kota dimohon dapat melakukan penertiban dengan melakukan tindakan tegas kepada koperasi yang tidak memiliki Izin Usaha Simpan Pinjam agar menghentikan usahanya;

 

Dalam rangka menindaklanjuti Surat Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Nomor : B-533/KUKM/Dep.1/XII/2021 tersebut Dinas Koperasi UKM Kulon Progo akan memfasilitasi pelayanan permohonan Izin Usaha Simpan Pinjam melalui OSS Berbasis Risiko. Untuk itu diminta pengurus koperasi yang mempunyai usaha simpan pinjam untuk segera mengajukan Izin Usaha Simpan Pinjam dan Dinkop UKM Kulon siap memberikan konsultasi dan bantuan secara teknis.

 

Selanjutnya adalah materi tentang “Pentingnya Laporan Keuangan Triwulan KSP/USP”. Berdasarkan Permenkopukm  RI Nomor 2 Tahun 2017 tentang perubahan Permenkopukm  Nomor 15 Tahun 2015 tentang “ Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi”  pasal 29 menyebutkan bahwa

  1. Pengurus KSP  atau  Koperasi  yang  memiliki  USP  wajib memberikan  laporan  kepada  pengawas  koperasi  setiap triwulan.
  2. KSP dan Koperasi yang memiliki USP wajib menyampaikan laporan keuangan  secara  berkala  kepada  pejabat  yang memberikan  ijin  usaha  simpan  pinjam  pada  setiap triwulan dan tahunan.
  3. Pelaksanaan teknis  penyampaian  pelaporan  kegiatan usaha  KSP  dan  USP  Koperasi  dilakukan  dengan  media pengiriman dan atau memanfaatkan teknologi informasi.

 

Untuk dapat mematuhi Permenkop UKM tersebut KSP/USP yang diundang dalam Bimtek akan diberikan wawasan mengenai pentingnya Laporan Keuangan Triwulan dan kewajiban KSP/USP dalam menyampaikan laporan tersebut. Selanjutnya secara teknis penyampaian laporan nantinya akan diberikan materi tentang “Penyampaian Pelaporan Keuangan Triwulan KSP/USP Melalui Media Kerja Google Form”. Dimana hal ini sejalan dengan Permenkopukm  RI Nomor 2 Tahun 2017 pasal 29 ayat  3 yang menyebutkan bahwa : Pelaksanaan  teknis  penyampaian  pelaporan  kegiatan usaha  KSP/USP    dilakukan  dengan  media pengiriman dan atau memanfaatkan teknologi informasi.

 

Setelah mengikuti bimtek ini diharapkan KSP/USP dapat :

  1. memproses Izin Usaha Simpan Pinjam OSS Berbasis Risiko dengan langkah-langkah yang harus dilalui terlebih dahulu seperti membuat email untuk pendaftaran akun OSS, pembuatan akun OSS dan seterusnya sampai terbit NIB dan Izin Usaha Simpan Pinjam itu sendiri.
  2. Mengirimkan Laporan Keuangan Triwulan KSP/USP dengan menggunakan Google Form ke Dinas Koperasi UKM Kulon Progo