Upacara Peringatan Hari Koperasi Ke 75 Tahun 2022 Secara Sederhana

KULONPROGO-DINKOPUKM. Tanggal 12 Juli merupakan peringatan Hari Koperasi yang pada tahun 2022 ini genap ke 75. Pada peringatan tahun 2022 ini mengambil tema: Transformasi Koperasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan”, serta menggelorakan gerakan “Ayo Berkoperasi”, yang terhubung dengan Program Gerakan Revolusi Mental.

Pada peringatan Hari Koperasi Ke 75 ini Dinas Koperasi, melaksanakan Upacara secara sederhana pada Selasa (12/7/2022), sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala Dinas (Iffah Mufidati, SH., MM) dan diikuti oleh seluruh karyawan Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Kulon Progo.

Iffah Mufidati, SH., MM membacakan Pidato Menteri Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki. Menyitir pidato dari Menteri Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah bahwa tema “Transformasi Koperasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan”, merupakan pengejowantahan dari upaya koperasi bertransformasi dari citra model lama dan konvensional menjadi model baru dan profesional. Perjalanan pembangunan koperasi diupayakan secara berkesinambungan agar koperasi dapat tumbuh sejajar dengan badan usaha lain, memiliki sensitifitas tinggi dalam pengembangan usaha, dan diminati oleh generasi muda.

Pemerintah menggelorakan gerakan “Ayo Berkoperasi” yang terhubung dengan Program Gerakan Revolusi Mental, yang bertujuan untuk meningkatkan literasi perkoperasian dan generasi muda tertarik untuk berkoperasi. Sebagai agen pembangunan, generasi muda kita harus dibekali dengan pengalaman berusaha serta pembangunan karakter yang berbasis nilai gotong royong dan usaha bersama, yang keseluruhannya akan diperoleh melalui koperasi.

Perlu untuk diketahui, dalam rangka peringatan Hari Koperasi ke 75 Tahun 2022 Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Kulon Progo melaksanakan berbagai kegiatan, yang antara lain: pada Februari sd Mei 2022, Penilaian Koperasi Berprestasi Tingkat Kabupaten untuk 5 (lima) jenis koperasi: Koperasi Produsen, Koperasi Konsumen, Koperasi Pemasaran, Koperasi Jasa, dan Koperasi Simpan Pinjam. Tanggal 21 Juni 2022, Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian, Siswa SMP/sederajat Kabupaten Kulon Progo. Pada 9 Juli s.d, 31 Juli 2022, Pemasangan spanduk/banner dalam rangka Peringatan Hari Koperasi ke 75 Tahun 2022 di lingkungan halaman Pemda Kabupaten Kulon Progo.

Sedangkan puncak acara Hari Koperasi Ke 75 dilaksanakan pada 27 Juli 2022 berkolaborasi dengan kegiatan Sambanggo (Sambang Kulon Progo), yang merupakan program kegiatan Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo. Selain sebagai lokasi peringatan Hari Koperasi tahun 2022 ini, pantai Mlarangan Indah yang merupakan destinasi rintisan baru, kegiatan ini diharapkan bisa dijadikan sebagai promosi wisata di Kabupaten Kulon Progo. Sehingga pantai Mlarangan Indah semakin berkembang dan semakin diminati oleh wisatawan.

Dengan dilaksanakan peringatan Hari Koperasi Ke 75 Tahun 2022 mampu memberikan daya ungkit yang lebih kuat bagi seluruh gerakan Koperasi untuk bisa semakin sehat, kuat, mandiri, maju, modern, serta mampu memberikan kesejahteraan bagi seluruh anggotanya dan masyarakat Kulon Progo pada umumnya.