EVALUASI KEGIATAN PELATIHAN PENINGKATAN PEMASARAN ONLINE TAHUN 2022

KULONPROGO-DINKOPUKM. Pelatihan Peningkatan Pemasaran Online mulai dilaksanakan bulan Februari 2022 dengan seleksi calon peserta, dan dilanjutkan dengan pelatihan secara klasikal di Joglo TP, Jl. Wates-Sermo pada (8-10/3/2022). Setelah pelatihan klasikal, peserta diajak praktek pembuatan konten TikTok melalui pendampingan. Pada tahun ini Dinas Koperasi UKM Kulon Progo bekerja sama dengan Pokdarwis Kulon Progo yang mewakilkan 10 peserta.

Pada saat pendampingan peserta diajak belajar mendalami mengenai copywriting, funnel marketing, optimasi TikTok, dan lain-lain. Setelah 6 kali pendampingan yang dilaksanakan di berbagai daerah wisata di Kulon Progo, peserta diajak untuk evaluasi akhir.

Evaluasi pertama dilaksanakan pada Selasa (14/6/2022), pada kesempatan tersebut peserta diminta untuk memaparkan pencapaian kelompok, kendala/hambatan, saran dan pesan untuk UMKM mengenai produknya, dan lain-lain. Peserta juga diminta untuk membuat laporan individu sebagai bukti telah melakukan tugasnya sebagai Duta Marketing 2022.

Evaluasi dilanjutkan pada hari Selasa (21/6/2022) dan Rabu (22/6/2022) di Langgeng Sari Resto, pada kesempatan tersebut narasumber memaparkan mengenai pemasaran dengan system affiliate dan praktek pembuatan shopee affiliate. Pada kesempatan tersebut juga narasumber memberikan evaluasi kegiatan dan saran untuk kegiatan tahun depan. Narasumber mengusulkan untuk mengadakan lomba pemasaran produk lokal, dengan juara adalah yang mempunyai omzet terbesar, dan mendapatkan dana untuk juara 1, 2, dan 3.

Kepala Dinas Koperasi UKM Kulon Progo (Iffah Mufidati, SH. MM) juga menghimbau kepada Duta Marketing baik yang memasarkan produknya sendiri ataupun produk lokal Kulon Progo lainnya bisa mendaftar aplikasi si Bakul Jogja dan dilanjutkan markethub untuk memanfaatkan program gratis ongkir. Karena dengan minimal pembelian Rp 50.000,00 bisa mendapatkan gratis ongkir maksimal Rp. 50.000,00. Diharapkan dengan itu semakin banyak UMKM Kulon Progo yang memanfaatkan program gratis ongkir dan dapat meningkatkan pemasaran.

Pada saat evaluasi juga diminta tiga orang peserta untuk memberikan tips dan sharing pengalaman terkait dengan tips dan trik bagaimana cara mencari follower, membuat konten yang menarik, dan bagaimana cara memasarkan di TikTok yang efektif sehingga bisa closing order.

Iffah Mufidati, S.H, MM memberikan tanggapan terkait hal tersebut, dan setuju jika nantinya akan diadakan perlombaan untuk memasarkan produk dan bisa dimasukkan untuk kegiatan peringatan Hari Koperasi tahun 2023.

Acara ditutup dengan adanya penyerahan sertifikat hasil pelatihan secara simbolis kepada dua orangpeserta, dengan nilai sangat memuaskan, yaitu Nurul Mufadila (Kelompok 2) dan Dedeh Nursaidah (Kelompok 4).