PEMBUKAAN SEMINAR UKM BRILIAN

Rabu, 27 November 2019 10:15:10 - Oleh : SP

Penyerahan Sertifikat Pelatihan Dan Uji Kompetensi Bidang Ritel

FASHION SHOW GEBYAR UKM - UKM GUMREGAH 2019 KULON PROGO

PEMBUKAAN SEMINAR UKM BRILIAN

Seminar Galang UKM Menuju UKM Brilian Tahun 2019 Di Kabuapaten Kulon Progo

PAMERAN GEBYAR UKM – UKM GUMREGAH 2019

 

KULONPROGO-DINKOPUKM

Penyelenggaraan Galang UKM Menuju UKM Brilian di Kabupaten Kulon Progo atas kerjasama antara Kementerian UKM RI dan Mark Plus berjalan dengan baik dan mendapat apresiasi yang bagus dari berbagai pihak. Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Koperasi UKM yang dipercaya menyelenggarakan Galang UKM Menuju UKM Brilian, melaksanakan berbagai agenda dalam kegiatan tersebut, yang diantaranya Pameran Gebyar UKM – UKM Gumregah 2019 yang bertempat di halaman Pemda Kabupaten Kulon Progo pada Selasa (26/11).

Selain itu, dalam hari yang sama, diselenggarakan Seminar Bagi pelaku UKM yang bertempat di Gedung Adhikarta. Hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Kulon Progo (Drs. H. Sutedjo), Kepala Dinas Koperasi UKM (Dra. Sri Harmintarti, MM), segenap pipinan OPD di lingkungan Pemda Kabupaten Kulon Progo, Direktur BRI Pusat, Pimpinan BRI Kanca Yogyakarta, Pimpinan BNI, Pimpinan BPD Cabang Wates, Pimpinan Bank Pasar Kulon Progo, Dekopinda Kulon Progo, dari Mark Plus, ICSB (International Council for Small Busines), Komunitas Pelaku UMKM Strategis, Perwira, IWAPI, Harpi Melati, KADIN, HIPMIKINDO, PPJI, Komunitas Alwat beserta segenap Anggotanya, dan pelaku UKM sebagai peserta.

Seminar ini dibuka secara resmi oleh Drs. H. Sutedjo, yang pada sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mark Plus dan ICSB yang selama ini telah melakukan kerjasama dengan Kementerian Koperasi Dan UKM RI telah memilih dan memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Kulon Progo, melalui Dinas Koperasi UKM untuk melaksanakan kegiatan Galang UKM Menuju UKM Brilian Bersinergi Dengan Kegiatan Gebyar UKM – UKM Gumregah 2019. Demikian disampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo yang telah melaksanakan kegiatan Gebyar UKM – UKM Gumregah 2019.

“Kita syukuri tidak semua daerah di Indonesia mendapatkan kegiatan ini, namun Kabupaten Kulon Progo termasuk diantara daerah yang mendapatkan kegiatan Galang UKM Menuju UKM Brilian. Tentunya hal ini dapat dijadikan kesempatan yang baik untuk memberikan daya ungkit bagi UMKM yang ada di Kabupaten Kulon Progo guna meningkatkan kuantitas maupun kualitasnya sehingga harapannya kedepan UMKM di Kabupaten Kulon Progo mampu untuk naik kelas.”, kata Drs. H. Sutedjo. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo adalah untuk mendorong dan menumbuhkan UMKM agar memiliki daya saing, dengan dilaksanakannya Gebyar UKM – UKM Gumregah 2019 di Tingkat Kecamatan. Kegiatan tersebut tentunya akan menumbuhkan dan meluaskan jaringan kerjasama yang baik dengan kelompok-kelompok strategis yang berbasis Ibu-ibu, orang-orang muda, seperti PERWIRA, IWAPI, KADIN, Harpi Melati, HIPMIKINDO, PPJI, dan lain-lain. Sehingga kami berharap pelaku-pelaku usaha untuk lebih berkembang dan berdaya guna baik dari pemerintah, perbankan dan masyarakat.

“Tidak lupa diucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Komunitas Alun-alun Wates (Alwat), dibawah pimpinan Bapak Suharsono, yang selama ini telah ikut berperan aktif dalam mendukung Bela Beli Kulon Progo dengan turut mengenalkan produk lokal.”, tambah Drs. H. Sutedjo.

Gebyar UKM – UKM Gumregah 2019 telah didahului kegiatannya bersamaan dengan pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di 12 (dua belas) Kecamatan se Kabupaten Kulon Progo. Pada BBGRM tersebut telah dilakukan kurasi (penilaian) terhadap UMKM yang ikut pameran. Sehingga diperoleh kejuaraan 3 (tiga) UMKM, Juara I, II, dan III, masing-masing Kecamatan dengan jumlah 36 UMKM.

Pada pameran ada sebanyak 50 UMKM yang terdiri dari: 36 UMKM dari hasil kurasi Gebyar UKM pada 12 Kecamatan bersamaan dengan BBGRM, 10 UMKM dari hasil kurasi Galang UKM oleh Tim Mark Plus dengan kegiatan “Galang UKM Menuju UKM Brilian”, yang dilaksanakan di Dinas Koperasi UKM pada tanggal 25 November 2019, dan 4 UMKM dari binaan BRI. Dari 36 UMKM tersebut dikurasi lagi dari unsur Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo, dari unsur ICBS, dari unsur BPD, dari unsur Bank Pasar, dan dari unsur Wartawan.

 

“Pada seminar ini kami berharap kepada seluruh peserta umum yang hadir agar bisa mengikuti Seminar tersebut, karena kami yakin akan banyak materi yang bermanfaat bagi seluruh UMKM untuk meningkatkan produktivitas, kuantitas maupun kualitas produk, sehingga UMKM mampu bersaing dengan produk dari luar daerah, maupun produk dari luar negeri, dan pada saatnya nanti UMKM Kulon Progo mampu naik kelas.”, tandas Drs. H. Sutedjo.

Pembukaan seminar ditandai dengan pemukulan gong oleh Drs. H. Sutedjo didampingi oleh Dra. Sri Harmintarti, MM.

Sebelum seminar dimulai, dilaksanakan penyerahan penghargaan yang diantaranya kepada Dra. Sri Harmintarti, MM sebagai Kepala Dinas Koperasi UKM kabupaten Kulon Progo menerima Penghargaan ICSB Presidential Award kategori Policy Maker.

Selanjutnya penghargaan diserahkan kepada UKM peserta Pameran Gebyar UKM – UKM Gumregah 2019, yang antara lain juaranya adalah: 1. Rahayu Batik (Wahyu Widiyanto), 2. Mekar Dua (Denik Sri Leksonowati), 3. Galuh Aji (Sri Hartiningsih, dan Juara Harapan: 1. Gebleg Mr. Telo (Supriyadi), 2. Adricni Craft (Wahyu Ramadana), 3. Tenun Bantarejo (Udjik Sudaryati). Juga diserahkan penghargaan bagi peserta pameran dengan kategori penjualan terbanyak yakni Adana Gula Semut, dan kategori Atraktif Booth yang meraih juara adalah Coklat Makaryo.

Pada kesempatan itu juga diserahkan penghargaan untuk kejuaraan hasil kurasi yang dilaksanakan oleh Mark Plus pada Senin (25/11) di aula Dinas Koperasi UKM, antara lain: Juara 1. Wondis Coklat, 2. Adana Gula Semut, 3. Jogjavanesia, 4. Moa & Co, 5. Jamtra.

Semoga dengan dilaksanakannya Seminar Galang UKM Menuju UKM Brilian benar-benar mampu memberikan pemahaman dan wawasan kepada pelaku UKM di Kabupaten Kulon Progo untuk bisa lebih kreatif, inovatif, mampu meningkatkan kualitas produk, dan mampu membaca peluang pasar, sehingga UKM Kulon Progo mampu naik kelas, yang mampu bersaing ditingkat lokal, nasional dan bahkan internasional. UKM Kuat Indonesia Hebat.

 

File lampiran :

« Kembali | Kirim | Versi cetak