PAMERAN GEBYAR UKM – UKM GUMREGAH 2019

Selasa, 26 November 2019 22:02:10 - Oleh : SP

Penyerahan Sertifikat Pelatihan Dan Uji Kompetensi Bidang Ritel

FASHION SHOW GEBYAR UKM - UKM GUMREGAH 2019 KULON PROGO

PEMBUKAAN SEMINAR UKM BRILIAN

Seminar Galang UKM Menuju UKM Brilian Tahun 2019 Di Kabuapaten Kulon Progo

PAMERAN GEBYAR UKM – UKM GUMREGAH 2019

 

KULON PROGO-DINKOPUKM

Gebyar UKM – UKM Gumregah 2019 yang dikemas menjadi pameran merupakan media promosi yang strategis untuk mengenalkan produk-produk UKM, sehingga akan lebih dikenal secara luas oleh masyarakat yang diharapkan bisa membeli produk UKM tersebut. Gebyar UKM – UKM Gumregah 2019 ini merupakan rangkaian kegiatan Galang UKM Menuju UKM Brilian yang merupakan kerja sama antara Kementerian Koperasi UKM RI dengan Mark Plus.Inc, dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Koperasi UKM kembali dipercaya untuk melaksanakan kegiatan tersebut, seperti pada tahun 2018 yang lalu.

Selasa (26/11) bertempat di halaman Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo dilaksanakan Gebyar UKM – UKM Gumregah 2019 yang pembukaannya secara resmi dilakukan oleh Bupati Kulon Progo (Drs. H. Sutedjo). Pada kesempatan itu Kepala Dinas UKM (Dra. Sri Harmintarti, MM) selaku penyelenggara mendampingi Bupati pada pengguntingan pita tanda secara resmi Gebyar UKM – UKM Gumregah 2019 dibuka. Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo (Akhid Nuryati, SE), segenap Pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Ketua ICSB Kulon Progo (Jumantoro), dan Camat se Kabupaten Kulon Progo.

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 50 UKM, 36 UKM merupakan hasil kurasi dari Gebyar UKM 2019 yang dilaksanakan bersamaan dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), 10 UKM merupakan hasil kurasi yang dilaksanakan oleh Mark Plus, dan 4 UKM merupakan binaan dari BRI Cabang Wates.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan Launching Produk Lokal, yang pertama, Produksi UMKM Menoreh Taru Peni, Tasbih Sang Kemuning dan Hiasan Garuda dari Bahan Kayu Kemuning. Kedua, Launching produk baru dari Omah Gedang yaitu produksi yang terbuat dari bahan baku pisang, yang antara lain; Srundeng Pisang, Kick Pisang, Stick Pisang, Sayur Gule Jantung Pisang, Rica-rica Kulit Pisang, dan hari ini Lounching produk baru LUMPIA ARES PISANG, Lumpia yang biasanya isinya rebung, tapi LUMPIA ARES PISANG ini isinya ares pisang atau bung pisang. Ketiga, Launching produk baru dari Omah Growol yaitu Cookies Growol. Launching tersebut dengan ditandai Drs. H. Sutedjo yang didampingi oleh Dra. Sri Harmintarti, MM, membubuhkan tanda tangan dan Teks line pada penghargaan.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan Fashion Show oleh komunitas Alun-alun Wates (Alwat) dibawah pimpinan Suharsono. Para perawan dan peragawati yang mengenakan kain Batik Gebleg Renteng tersebut, dalam peragaannya menampilkan 36 produk UKM dari 12 Kecamatan sebagai hasil kurasi pada BBGRM.

Dilanjutkan dengan peninjauan pada stand-stand seluruh peserta yang menampilkan produk-produk andalannya. Yang sangat menarik adalah ketika Bupati meninjau pada stand produk kuliner, semuanya menyiapkan Tester, dan Bupati pasti selalu mencicipi pada setiap produk olahan yang dipamerkan, baik makanan maupun minuman. Ini sungguh melegakan para peserta karena produknya dicicipi oleh Bupati.

Pada kegiatan pameran Gebyar UKM – UKM Gumregah 2019 tersebut dilaksanakan penilaian untuk seluruh peserta. Adapun juri yang menilai tentunya sudah berkompeten di bidang UKM, yang terdiri dari ICSB Kulon Progo (Ir. Bambang Suwigyo, S.Pt, MP., Ph.D., IPM – Dosen UGM), dari Dinas Koperasi UKM (Drs. Sri Wahyuniarto, MA), dari BPD DIY Cabang Wates (Didit Respati Setiadi, SH, MM ), dari Bank Pasar Kulon Progo (Wiji Asriningsih, SE ), dan dari Ketua Paguyuban Wartawan Kulon Progo (Asrul Sani).

Hasil dari penilaian para juri yang mendapat kejuaraan, antara lain: Rahayu Batik (Wahyu Widiyanto) dengan nilai 203, Mekar Dua (Denik Sri Leksonowati) dengan nilai 197, Galuh Aji (Sri Hartiningsih) dengan nilai 193, Gebleg Mr. Telo (Supriyadi) dengan nilai 187, Adricni Craft (Wahyu Ramadana) dengan nilai 180, dan Tenun Bantarejo (Udjik Sudaryati) dengan nilai 179.

Semoga dengan dilaksanakannya pameran Gebyar UKM – UKM Gumregah 2019 ini mampu membawa peningkatan bagi produk UKM Kulon Progo, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas, sehingga mampu naik kelas, serta mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan bagi pelaku UKM dan masyarakat Kulon Progo pada umumnya.

 

File lampiran :

« Kembali | Kirim | Versi cetak