MONEV DI TOMIRA KUD HARAPAN TEMON

Jum`at, 11 Oktober 2019 11:40:39 - Oleh : Tim Pendamping TOMIRA

PELAKSANAAN RAT TUTUP BUKU TAHUN 2019

Masa Depan Cerah Produk Kecantikan UMKM Kulon Progo

PEMBINAAN TERHADAP PENGURUS, PENGAWAS KOPERASI

Sosialisasi Kearsipan

Pemberitaan dan Artikel pada Website Dinas Koperasi UKM Kulon Progo

Dalam rangka melaksanakan pendampingan terhadap Koperasi Pengelola TOMIRA, pada hari Kamis (10/10/2019) Tim Pendamping TOMIRA dari Dinas Koperasi UKM Kulon Progo melaksanakan monitoring dan evaluasi di salah satu TOMIRA yaitu TOMIRA KUD HARAPAN Temon, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Tim terdiri dari Ridwan Dhaniarsa R, SE (Kasi Fasilisitasi Pengembangan Simpan Pinjam), Suwastri Asih, SE (Petugas Penyuluh Koperasi) dan Heru Santoso (Staf Bidang Permodalan).

Dalam pendampingan ini Tim Pendamping diantaranya melakukan monitoring dan evaluasi ketersediaan produk lokal UMKM dengan ketentuan baik aspek kuantitas dan kualitasnya. Tim mengarahkan agar pengelola unit usaha TOMIRA KUD HARAPAN konsisten menerapkan standar minimal dalam mengelola produk UMKM yang masuk ke dalam TOMIRA, karena pengelola TOMIRA yang mempunyai tugas menyeleksi UMKM yang ingin memasukkan produknya ke TOMIRA. Produk  UMKM lokal yang masuk ke TOMIRA disyaratkan mempunyai IUMK, menggunakan kemasan yang menarik, dengan packing plastik ketebalan minimum 0,8 ml - 0,12 ml disertai nama dan alamat produsen, PIRT dari Dinas Kesehatan, berat netto, komposisi bahan dan tanggal kadaluarsa. Selain itu kontinuitas dalam menyetor produk dan konsistensi dalam mempertahankan rasa produk juga harus diperhatikan oleh Pengelola TOMIRA dalam menyeleksi UMKM yang ingin produknya masuk TOMIRA.

Minat pengunjung TOMIRA KUD HARAPAN terhadap produk lokal UMKM Kulon Progo cukup bagus. Pada Tahun 2017 laba yang diperoleh TOMIRA KUD HARAPAN dari hasil penjualan produk lokal sebesar Rp 5.811.000, - dan pada Tahun 2018 naik sebesar Rp 6.497.000,-.

Selain itu Tim Pendamping melakukan monitoring dan evaluasi dalam hal administrasi pembukuan hasil penjualan produk UMKM lokal. Unit usaha TOMIRA KUD HARAPAN sudah melakukan  pembukuan produk UMKM dengan tertib dan membayarkan hasil penjualan ke UMKM dengan tepat waktu. Produk lokal UMKM yang masuk di TOMIRA KUD HARAPAN menggunakan sistem titipan (konsinyasi).

Salah satu kendala TOMIRA KUD HARAPAN adalah masih kurangnya gondola (tempat display produk) untuk produk lokal UMKM dan hal ini akan segera dikomunikasikan KUD HARAPAN selaku pemilik TOMIRA dengan INDOMARET selaku pihak supplier utama TOMIRA yang juga berkewajiban menyediakan prasarana toko. 

Di akhir kegiatan Tim Pendamping juga memonitor standar operasional toko seperti apakah karyawan toko sudah menerapkan Salam Sapa "Selamat Datang di TOMIRA", menggunakan seragam dan ID CARD dengan logo TOMIRA dan memastikan adanya label dan sticker TOMIRA di dalam toko terutama di display produk lokal UKM.

(RDR) 

 

 

File lampiran :

« Kembali | Kirim | Versi cetak