Bimbingan Teknis Bagi Koperasi Yang Belum Melaksanakan RAT

Senin, 30 September 2019 16:49:42 - Oleh : Admin

PELAKSANAAN RAT TUTUP BUKU TAHUN 2019

Masa Depan Cerah Produk Kecantikan UMKM Kulon Progo

PEMBINAAN TERHADAP PENGURUS, PENGAWAS KOPERASI

Sosialisasi Kearsipan

Pemberitaan dan Artikel pada Website Dinas Koperasi UKM Kulon Progo

Salah satu indikator aktif atau tidaknya sebuah Koperasi adalah diselenggarakannya rapat anggota tahunan (RAT)  yang dilaporkan ke Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo. Untuk meningkatkan kesadaran Koperasi agar melaksanakan RAT  melalui peningkatan kapasitas pengurus Koperasi yang bergerak dalam sektor riil maupun simpan pinjam pola syariah, Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Koperasi yang belum melaksanakan Rapt Anggota Tahunan.

Bimtek tersebut dilaksanakan 3 (tiga) angkatan selama bulan September 2019 yang terdiri dari angkatan pertama pada tanggal 10  September 2019, angkatan kedua pada 17 September 2019, dan angkatan ketiga pada 23 September 2019.  Peserta pada bimtek tersebut adalah Koperasi di Kabupaten Kulon Progo yang belum melaksanakan RAT sampai dengan bulan Agustus 2019 untuk tutup buku tahun 2019 yang terdiri dari Koperasi sektor riil dan koperasi simpan pinjam pola syariah dan/atau unit simpan pinjam pola syariah.

Dra. Sri Harmintarti, MM selaku Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Mengah Kabupaten Kulon Progo membuka bimtek tersebut dengan menyampaikan bahwa “Setiap tahun pengurus koperasi harus melakukan rapat anggota, dan penyelenggaraannya harus sesuai aturan yang berlaku. Seperti halnya anggota harus aktif dalam setiap aktivitasnya, yaitu dalam memberikan suara atau pendapatnya. Dalam sebuah koperasi, setiap keberhasilan maupun kekurangan, harus diberitahukan kepada semua anggotanya”.

Salah satu bentuk pertanggung jawaban itu adalah pelaksanaan rapat anggota tahunan (RAT) yang diselenggarakan oleh setiap koperasi sesuai amanat UU No 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Dra. Sri Harmintarti, MM  juga menambahkan bahwa “Perangkat organisasi koperasi terdiri atas rapat anggota, pengurus dan pengawas. Kedudukan tertinggi dalam sebuah koperasi adalah rapat anggota, dimana segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan berkoperasi dibahas, direncanakan dan diputuskan, termasuk evaluasi selama koperasi melaksanakan mandat dari anggota”.

Materi yang disampaikan pada bimtek tersebut terdiri dari Kebijakan Perkoperasi yang berhubungan dengan kewajiban Koperasi dalam melaksanakan RAT, Modul Akuntansi Koperasi untuk sektor riil maupun simpan pinjam pola syariah, penyusunan laporan RAT, penyesunan RAPBK dan latihan mengerjakan laporan keuangan sederhana. Proses penyajian materi dengan metode paparan, diskusi dan latihan.

Tujuan pelaksanaan bimtek ini adalah memberikan peserta pelatihan pemahama terkait peran dan fungsi pelaksanaan RAT serta penyusunan laporan tahunan. Harapannya Koperasi dapat melaksanakan RAT sebagai agenda wajib sebagai pertanggungjawaban pengurus selama satu tahun kepada anggota koperasi.

 

 

File lampiran :

« Kembali | Kirim | Versi cetak