BIMTEK PENINGKATAN KUALITAS PRODUK UMKM KABUPATEN KULON PROGO

Jum`at, 20 September 2019 15:21:42 - Oleh : ZNU, sp

PELAKSANAAN RAT TUTUP BUKU TAHUN 2019

Masa Depan Cerah Produk Kecantikan UMKM Kulon Progo

PEMBINAAN TERHADAP PENGURUS, PENGAWAS KOPERASI

Sosialisasi Kearsipan

Pemberitaan dan Artikel pada Website Dinas Koperasi UKM Kulon Progo

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kulon Progo yang di Pimpin Dra. Sri Harmintarti, MM, melaksanakan Bimtek Peningkatan Kualitas Produk UMKM yang ada di Kulon Progo yang diikuti  sebanyak 25 peserta yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 18 samapai dengan 19 September 2019 bertempat di rumah makan Nggirli Jl. Kolonel Sugiyono No. 44, Gunung Gempal, Wates, Kulon Progo. Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan dengan didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Kulon Progo.

 

Hari pertama Bimtek peningkatan kualitas produk UMKM dibuka oleh Muh Haryono, SIP selaku Kepala Bidang Pemberdayaan mewakili Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo.  Selanjutnya Muh Haryono, S.IP memaparkan mengenai kebijakan Dinas Koperasi dan penguatan produk lokal di TOMIRA.

Penyampaian materi dilanjutkan oleh Wulandari, S.TP selaku narasumber dari BP POM Yogyakarta mengenai fasilitasi layanan dari BP POM terhadap UMKM dan  peraturan kemasan untuk produk makanan dan minuman. Selain itu Wulandari, S.TP juga memaparkan mengenai bahaya makanan yang dibungkus kertas bekas dan cara mengenali bahan kimia berbahaya yang disalahgunakan pada pangan, sehingga diharapkan untuk UMKM dapat waspada dan dapat mengunakan bahan-bahan yang baik sesuai standar makana. Wulandari, S.TP juga memberikan tips, sebelum membeli produk pangan olahan terkemas agar selalu memastikan kemasan dalam kondisi baik, baca informasi pada lebel dengan seksama, pastikan memiliki izin edar BPOM RI MD/ BPOM RI ML/PIRT, dan pastikan belum melewati tanggal kadarluarsa yang tercantum pada kemasan.

Lebih lanjut pada hari kedua Bimtek diisi oleh BPTBA LIPI dengan materi fasilitasi layanan dari BPTBA LIPI terhadap UMKM, pengetian kemasan, fungsi dan manfaat bagi produk kemasan dan teknologi Pengelolaan produk pangan local, dengan narasumber  Satriyo Krido Wahono (Kepala BPTBA LIPI), Rifa Nurhayati (Peneliti) dan Annisa Kusumaningrum (Peneliti). Dalam sesi ini banyak dipaparkan mengenai cara pengalengan makanan agar awet dan praktis untuk dipasarkan. Dalam pengemasan makan yang diproduksi oleh UMKM menggunakan kemasan kaleng dan fleksibel pada suhu tinggi (> 100 0C) dengan pengemasan mengunakan kaleng makanan akan bertahan lebih lama, praktis dibawa kemana saja dan mampu dipasarkan secara menyeluruh. BPTBA LIPI sudah memiliki teknologi dalam proses ini sehingga tidak perlu khawatir jika produk UMKM  akan dikalengkan di BPTBA LIPI.

Terakhir dalam Bimtek Peningkatan Kualitas Produk UMKM diisi oleh Suyitno selaku Ketua  Koperasi Binaria pengelola TOMIRA disesi ini dibuka Tanya jawab tata cara dan kendala yang ada di TOMIRA. Disampaikan oleh Suyitno, bahwa produk UMKM yang akan masuk ke TOMIRA harus melalui seleksi maupun harus memenuhi syarat, baik kemasannya harus bagus sesuai dengan standar produk toko modern, minimal ada PIRT, ada tanggal kadalu warsa, ada Komposisi, dan ada gramasi.

Semoga dengan terselenggaranya Bimtek tersebut pelaku UMKM mampu meningkatkan kualitas produksinya, sehingga kedepan mampu ikut dipasarkan di TOMIRA di Kabupaten Kulon Progo dengan harapan mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan bagi pelaku UMKM.

File lampiran :

« Kembali | Kirim | Versi cetak