Turnamen Bola Voli Plastik dalam rangka Hari Jadi Ke 68 Kabupaten Kulon Progo 2019

Jum`at, 20 September 2019 14:45:01 - Oleh : SP

PELAKSANAAN RAT TUTUP BUKU TAHUN 2019

Masa Depan Cerah Produk Kecantikan UMKM Kulon Progo

PEMBINAAN TERHADAP PENGURUS, PENGAWAS KOPERASI

Sosialisasi Kearsipan

Pemberitaan dan Artikel pada Website Dinas Koperasi UKM Kulon Progo

Dalam rangka Hari Jadi Ke 68 Kabupaten Kulon Progo Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo akan menggelar berbagai kegiatan, yang diantaranya adalah Pertandingan / Turnamen Bola Voli Plastik Antar Instansi/Unit/Sub Unit Korpri, yang bertajuk Voli Manunggal Binangun Tahun 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan Jumat, 20 September 2019 mengambil tempat di halaman Satuan Polisi Pamong Praja dan halaman BKPP - Bappeda Kabupaten Kulon Progo.

Panitia penyelenggara menyampaikan berbagai informasi permainan, yang antara lain; bola plastic disediakan oleh panitia, tinggi net seperti voli resmi namun kondisi net tertutup oleh banner/kain/ tidak menggunakan jarring, sehingga antar tim tidak dapat melihat lawan bertandingnya. Ukuran lapanganntapun tidak seperti voli biasa, namun menggunakan ukuran lapangan bulu tangkis dengan menggunakan net ukuran 225 cm.

Pemainpun jumlahnya berbeda dengan voli biasanya, yakni dalam satu tim yang bertanding berjumlah 5 (lima) orang yang terdiri dari pemain laki-laki 3 (tiga) orang dan perempuan 2 (dua) orang. Wasit berjumlah 2 (dua) orang masing-masing berada di belakang, dibantu oleh scorer board/pencatat hasil pertandingan.

Dalam aturanpun disampaikan bahwa setiap tim/perangkat daerah wajib mengirimkan 12 (dua belas) orang pemain dengan komposisi minimal 10 (sepuluh) orang PNS dan maksimal 2 (dua) Tenaga Kontrak dibuktikan dengan SK PNS Kulon Progo atau SK Pengangkatan Tenaga Kontrak. Umur pemain bebas tidak ada batasan usia.

Sedangkan aturan yang digunakan adalah peraturan umum PBVSI. Namun di Turnamen Voli Plastik Manunggal Binangun 2019 ada aturan khusus. Dilaksanakan sisten gugur. Apabila berlanjut ke set ketiga, diberikan jeda istirahat 2 (dua) menit. Pergantian pemain maksimal bebas. Masing-masing tim harus saling menghormati, sportif dan menerima setiap keputusan wasit (fairplay).

Perlu untuk diketahui bahwa peserta ada sebanyak 32 timyang dibagi 2 (dua) group A dan B. setiap pertandingan akan berlangsung menang 2 (dua) Winning Set / yang memenangkan 2 (dua) set akan langsung dinyatakan menang, dengan masing-masing set, game 15 (lima belas), dengan perolehan poin akan menggunakan rally poin, tanpa deuce.

Lebih lanjut perlu untuk diketahui bahwa Kepala Dinas Koperasi UKM (Dra. Sri Harmintarti, MM) juga ikut bermain pada Turnamen Voli Plastik ini di halaman Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kulon Progo. Pertandingan di tempat ini berlangsung cukup meriah, karena dari para pemain sulit untuk mendeteksi datangnya bola, karena netnya memang tertutup oleh banner, sehingga tidak bisa terlihat lawan yang menerima maupun yang melancarkan serangan dari arah lawan. Datangnya bola memang sering mengagetkan para pemain, sehingga dimungkinkan akan kesulitan menerima dan akan mengembalikan bola, dan kadang ada yang meleset juga. Hal tersebutlah yang membuat riuh para penonton maupun sporter dari masing-masing tim.

Demikian pula yang bermain di halaman BKPP – Bappeda yang berlangsung juga cukup meriah, karena masing-masing tim akan tampil sebaik mungkin untuk mengalahkan lawan. Namun karena terhalang net yang tertutup maka tidak ayal banyak pemain yang tidak menyangka datangnya bola dari pihak lawan. Ada yang bisa menerima dan mengembalikan bola dengan baik, bahkan ada yang mampu melakukan serangan dengan smesh tajam, sehingga lawannya tidak bisa mengembalikan. Namun banyak juga yang tercengang dan bingung untuk menerima serangan dari lawan, sehingga sampai ada yang terjengkang, jatuh tertelungkup sampai dengan mengembalikan bola terlempar sampai keluar jauh dari lapangan. Tepuk tangan dan teriakkan riuhpun tak terhindarkan lagi.

Pada kesempatan itu Dinas Koperasi UKM bertanding melawan Sekretariat DPRD dengan skor 2-0, dan dimenangkan oleh Sekretariat DPRD.

Semoga semangat bertanding dalam Turnamen Bola Voli Plastik Mangunggal ini mampu memberikan daya ungkit dalam memperingati Hari Jadi Ke 68 Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Dirgahayu Kulon Progo !

File lampiran :

« Kembali | Kirim | Versi cetak