FGD Penghapusan Penggunaan Merkuri Dalam Pengolahan Emas Usaha Pertambangan

Jum`at, 14 September 2018 02:55:05 - Oleh : admin

Bupati tunjukan inovasi industri lokal, pariwisata, dan pemerintahan dalam Workshop tingkat ASEAN

Ingin Punya Bisnis Kuliner, Bagaimana Memulainya Ya?

Kerajinan Tenun Lurik ’Tenun Bantarjo’

Belanja Online dari Luar Negeri di Atas Rp 1 Juta Kena Pajak

Dinkop Selenggarakan Bintek untuk Membangun Visi Koperasi

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kulon Progo melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) antara Stakeholder dibidang Pengelolaan Pertambangan Emas Skala Kecil pada Kamis, 13/9/2018 di Hotel King’s Kulon Progo.

Dalam Sambutannya Asisten Deputi Industri dan Jasa Kementrian Koperasi dan UKM menyampaikan, dalam rangka sosialisasi pelarangan penggunaan bahan merkuri dalam usaha pertambangan emas skala kecil, sekaligus pemberdayaan UKM dan/atau masyarakat di Kab. Kulon Progo. Kementerian Koperasi dan UKM berupaya untuk berperan aktif dalam menangani permasalahan - permasalahan tersebut. Kegiatan ini saya anggap penting dikarenakan sebagaimana tertuang dalam Rancangan Instruksi Presiden Penghapusan Merkuri antara lain :
1. Menginstruksikan Kementerian/Lembaga untuk melaksanakan Aksi Nasional Penghapusan Penggunaan Merkuri Dalam Pengolahan Emas Pada Kegiatan Usaha Pertambangan Tahun 2017-2021.
2. Aksi disusun dalam rangka melindungi kesehatan manusia dan lingkungan dari dampak negatif penggunaan merkuri dalam pengolahan emas melalui kegiatan pertambangan yang memenuhi kaidah pertambangan yang baik dan dilakukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan .
3. Agar Kementerian Lembaga mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai kewenangan masing-masing dalam rangka melaksanakan Aksi Nasional Penghapusan Penggunaan Merkuri Dalam Pengolahan Emas Pada Kegiatan Usaha Pertambangan.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan sambutan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo oleh Asek 3 Drs. Joko Kushermanto, MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM yang telah memfasilitasi terlaksananya acara FGD tersebut dan besar harapan maksud serta tujuan dari FGD dapat ditindaklanjuti secara optimal baik dari OPD terkait maupun pengusaha di bidang pertambangan khususnya emas.

Selanjutnya acara di isi diskusi panel dan Tanya jawab dipandu oleh Moderator Bapak Muh Haryono, SIP Kabid Pemberdayaan Dinas Koperasi UKM serta diisi beberapa Narasumber :
1. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kulon Progo Dra. Sri Harmintarti, MM dengan Topik "Pemberdayaan Masyarakat dan UKM berbasis Usaha Pemambangan Emas Sekala Kecil"
2. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Kulon Progo Drs Arif Prastowo, MSi dengan topic "Dampak Pengunaan Merkuri dan Bahan Berbahaya lainnya dalam Aktivitas Pemambangan Emas Skala Kecil"
3. Kepala Dinas PU , Perumahan dan ESDM DIY dengan Topik "Strategi Pengembangan dan/atau Kebijakan Pengelolaan Pertambangan Rakyat"
4. Kepala Program STKK Emas BPPT DIY dengan Topik "Pilot Plan Pengelolaan Emas Bebas Merkuri dan Dampaknya"

 

 

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak