Sarasehan Untuk Menumbuhkan Semangat Berkoperasi

Rabu, 11 Juli 2018 08:44:32 - Oleh : admin

2 Penghargaan dari Menteri dan Presiden diraih Gerakan Koperasi Kulon Progo

Bimtek Pengembangan Bisnis

Sarasehan Untuk Menumbuhkan Semangat Berkoperasi

Koperasi Kepolisian Kulon Progo sabet Penghargaan Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional

JALAN SEHAT GRATIS DALAM RANGKA HARKOP KE-71

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kulon Progo melaksanakan acara Sarasehan Perkoperasian dengan tema Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional yang diikuti kurang lebih 100 gerakan koperasi se Kulon Progo yang bertempat di Aula Adikarto Gedung Kaca Kompleks Pemda Kulon Progo.

Kegiatan Sarasehan Perkoperasian ini merupakan salah satu rangkaian Hari Koperasi ke 71 tingkat DIY yang dilaksanakan di Kulon Progo pada tahun ini, dengan output sasaran yaitu pertama, teridentifikasinya peta masalah koperasi, kedua, terumuskannya konsep dan aplikasi kemitraan antara Koperasi dengan pihak lain dan ketiga terumuskannya konsep dan aplikasi pengelolaan koperasi sesuai prinsip ekonomi kerakyatan guna meningkatkan kemandirian, pemerataan ekonomi masyarakat Pertumbuhan Ekonomi dan mengurangi kemiskinan. Sedangkan materi yang akan disampaikan oleh para narasumber yaitu "Penguatan Koperasi Melalui Kemitraan untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi" oleh Dr. Sugiharsono, M.Si (Dekan Fakultas Ekonomi UNY/pakar perkoperasian) kemudian "Membangun Koperasi untuk Mensejahterakan Masyarakat dan Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi" oleh Ir. Syahbenol Hasibuan, MM (ketua Dekopinwil DIY).

Sesuai dengan jadwal untuk peringatan Hari Koperasi ke 71 tingkat DIY tahun ini bertempat di Kulon Progo, dengan tema "Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional" dan rangkaian kegiatannya yakni:
1. Jalan Sehat, Jumat, 29 Juni 2018.
2. Sarasehan, Selasa, 10 Juli 2018.
3. Bedah Rumah, Minggu 22 Juli 2018
4. Malam Tirakatan dan Bhakti sosial, Senin, 23 Juli 2018.
5. Bazar, Selasa dan Rabu, 24 dan 25 Juli 2018.
6. Upacara Peringatan Hari Koperasi Ke-71, Rabu, 25 Juli 2018.
7. Gelar Budaya dengan Pagelaran Wayang Kulit Semalam suntuk dengan lakon Semar mBangun Kahyangan, oleh Dhalang Ki Gebes Taat Sumbogo, Rabu, 25 Juli 2018.

Dalam sambutannya Bupati Kulon Progo yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian Ibu Endang menyampaikan bahwa Koperasi di Kulon Progo harus benar-benar menjadi Soko Guru Perekonomian bagi masyarakat, bukan soko rowo atau soko emper. Sehingga diharapkan Koperasi dapat meningkatkan kualitas di tengah-tengah persaingan ekonomi global.

Sedangkan dalam laporan penyelenggara panitia yang disampaikan oleh Ketua Panitia Hari Koperasi bapak Juni menyampaikan bahwa diharapkan dengan adanya sarasehan ini dapat memberikan semangat berkoperasi bagi seluruh komponen penggiat dan pelaku perkoperasian di wilayah kulon Progo.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak